Wednesday, 17 April 2024

Search

Wednesday, 17 April 2024

Search

Kemendag Siapkan Strategi Agar UMKM Mampu Bersaing Di Lokapasar

JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berkomitmen melakukan upaya agar pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mampu bersaing di lokapasar, di antaranya dengan pelatihan dan menjalin kemitraan bersama ritel modern.

Sekretaris Badan Kebijakan Perdagangan (BKPerdag) Hari Widodo menyampaikan bahwa pemerintah memiliki target sebanyak 30 juta UMKM yang bisa masuk ekosistem digital pada 2024. Namun hanya mengantarkan saja tidak cukup, dibutuhkan pendampingan agar UMKM bisa naik kelas dan mendominasi lokapasar.

“Kemendag menyiapkan berbagai strategis peningkatan kualitas perdagangan digital, di antaranya pembinaan dan pendampingan, memfasilitasi sampai pencetakan fasilitator untuk meningkatkan edukasi terkait e-commerce,” ujar Hari saat pembukaan “Gambir Trade Talk #9” di Jakarta, Senin (20/3).

Seperti dilansir Antara, e-conomy SEA Report 2022 melaporkan, ekonomi digital Indonesia telah mencapai US$77 miliar atau setara Rp1.211 triliun atau tumbuh 22 persen dibanding dengan tahun sebelumnya. Angka ini diproyeksikan akan mencapai US$130 miliar atau Rp2.045 triliun pada 2025.

Hari menyampaikan, pendorong utama pertumbuhan ekonomi digital Indonesia berasal dari lokapasar yang mencapai 76 persen pada 2022 yang diproyeksikan mampu menyumbang US$95 miliar pada 2025.

“Dengan jumlah yang sangat besar dan peran yang sangat penting, UMKM harus didukung agar mampu menguasai marketplace khususnya di dalam negeri secara berkelanjutan. Oleh karena itu, diperlukan masukan yang konstruktif untuk menyusun strategi dan kebijakan yang komprehensif dan kolaboratif baik dari pemerintah pusat, daerah, akademisi dan pelaku usaha lain,” ujar Hari.

Sementara itu, Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia Chaikal Nuryakin mengatakan, untuk membuat produk UMKM digemari oleh konsumen dalam negeri, produsen perlu meningkatkan kualitasnya.

Menurutnya, jargon “Cintailah Produk Indonesia” tidak hanya dibebankan kepada pembeli. Produsen juga harus mampu meningkatkan kualitas yang tidak kalah dengan merek-merek luar negeri.

“Cinta produk dalam negeri enggak cuma soal konsumen saja yang harus pakai produknya, tapi juga kualitas dari produsen harus ditingkatkan. Kalau yang namanya cinta kan harus berbalas, jadi konsumen pakai produknya, produsennya juga harus meningkatkan kualitasnya,” kata Chaikal.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media