International Media

Jumat, 30 September 2022

Jumat, 30 September 2022

Kembali Hadir, Lab Indonesia Ajak Industri Peralatan Laboratorium Peduli Lingkungan

Juanita Soerakoesoemah bersama Dr. Ir. Tjahjo Pranoto, M. Eng., meninjau area pameran.

JAKARTA—Lab Indonesia, pameran teknologi peralatan laboratorium terbesar di Asia Tenggara, kembali digelar setelah mengalami penundaan selama 2 tahun akibat pandemi.

Dipenyelenggaraannya ke-6, Lab Indonesia 2022 mengajak industri laboratorium untuk lebih peduli lingkungan dengan menerapkan program yang sustainable/ berkelanjutan selama pameran yang berlangsung tiga hari mulai 7 September hingga 9 September 2022 di Hall A&B Jakarta Convention Center (JCC).

“Tahun ini, kami berinisiatif untuk menerapkan program berkelanjutan di Lab Indonesia 2022. Tujuan kami adalah menjalankan pameran dengan sikap yang penuh rasa tanggung jawab kepada lingkungan dan masyarakat, sambil berupaya menginspirasi pembangunan berkelanjutan di sektor industri peralatan laboratorium dan analisis ilmiah secara luas. Kami berharap dengan menerapkan sustainable dalam acara kami, akan memberikan dampak besar pada perubahan lingkungan yang sudah mulai tercemar, ” ujar Juanita Soerakoesoemah, Event Director PT Pamerindo Indonesia, selaku penyelenggara pameran, di sela pembukaan pameran.

Hadir dalam pembukaan pameran tersebut Plt. Direktur Pengelolaan Laboratorium, Fasilitas Riset, dan Kawasan Sains dan Teknologi, BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) Dr. Ir. Tjahjo Pranoto, M. Eng.

Kembali Juanita menambahkan, komitmen terhadap keberlanjutan diwujudkan antara lain melalui pengurangan emisi karbon, meminimalisir sampah yang terbuang dengan beralih ke digital, bekerjasama dengan mitra pemasok yang juga memiliki kepedulian tinggi terhadap sustainability.

Menurutnya gagasan untuk membuat laboratorium lebih berkelanjutan atau yang sering disebut sebagai “green lab” semakin marak di seluruh penjuru dunia.

Ada pun Lab Indonesia sebagai satu-satunya platform untuk teknologi laboratorium di Indonesia sangat berfokus pada instrumen ilmiah dan peralatan laboratorium untuk berbagai industri, termasuk industri farmasi & farmasi, F & B, minyak & gas, bioscience dan nano-science.

Event ini bertujuan untuk menggabungkan elit industri laboratorium ilmiah dan analitis seperti ahli kimia profesional, ahli biokimia, ahli mikrobiologi, analis, peneliti dan pengembang, manajer laboratorium dan manajer quality control dalam satu platform.

Pameran diisi oleh 689 brand yang berasal dari 13 negara. ***

Sukris Priatmo

Komentar

Baca juga