Monday, 04 March 2024

Search

Monday, 04 March 2024

Search

Kelenteng Poo An Bio Demak Rayakan Cap Go Meh Dengan Sederhana

Anggota Grup Barongsai Tri Suci berfoto bersama Liem Tjwan Bing (tengah).

DEMAK—Hari terakhir Sincia  atau yang biasa di sebut dengan Cap Go Meh, dirayakan oleh warga keturunan Tionghoa khususnya di Indonesia.

Seperti halnya di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, umat Tri Dharma, khususnya telah bersiap siap merayakan Cap Go Meh  di Kelenteng Poo An Bio Jalan Siwalan 3 (dekat Alun – alun) Demak.

Pada Minggu (5/2) malam, puluhan pejimsin (umat)  serta simpatisan  yang datang dari Kudus dan kota Semarang berbaur dengan ratusan masyarakat dari lintas agama  telah hadir  di Kelenteng yang bertuan rumah Makco Thian Siang Seng Bo (Dewi penguasa samudra) tersebut.

Pengurus Kelenteng Poo An Bio Demak menempelkan Hu ke barongsai.

“Kami hadir di sini karena ingin melaksanakan Sembahyang Cap Go Meh dan juga bersilaturahmi dengan teman teman dan keluarga di Demak ini juga ingin bersama sama merayakan Cap Go Meh,” ujar Etha dari Semarang.

 Perayaan Cap Go Meh di kabupaten Demak dirayakan dengan sederhana, namun berlangsung khidmat,  diisi dengan sembahyang bersama masing – masing umat,  dilanjutkan makan malam bersama Lontong opor Cap Go Meh.

Pengurus Kelenteng Poo An Bio Demak Yunita  didampingi Halim Kristanto dan  Liem Tjwan Bing  mengatakan bahwa Cap Go Meh merupakan hari terakhir  perayaan tahun baru Imlek/Sincia. Cap Go Meh berasal dari kata  “Cap Go” yang artinya  15  dan “Meh” yang artinya malam.

Jadi Cap Go Meh di artikan  perayaan malam ke 15  setelah  tahun baru Imlek. Dan tahun ini jatuh pada hari Minggu  tanggal 5 Februari 2023.

Halim Kristanto memberikan angpao ke barongsai.

“Kami adakan secara sederhana dengan menggelar pertunjukan Grup  Barongsai   Tri Suci yang kami undang   dari Semarang  di depan Kelenteng. Dan juga makan bersama lontong opor Cap Go Meh. Di sini lontong opor Cap Go Meh nya lain dengan lontong opor lainnya karena ada tambahan bumbu bumbu halus yang sudah di racik secara khusus,” ujarnya.

 “Harapannya semoga di tahun Kelinci air ini umat Poo An Bio Demak sini semuanya baik baik saja ,lancar dan  umat bisa lebih rukun ,berbahagia khusus nya serta bangsa  Indonesia dalam keadaan aman, lebih makmur ,di jauhkan dari segala marabahaya serta terhindar dari bencana alam umumnya,” ujar Yunita.

Perayaan Cap Go Meh di Kelenteng Poo An Bio  Kab.Demak ini juga mendapat pengamanan dari pihak aparat keamanan setempat. tri

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media