Kebocoran Oksigen di Rumah Sakit di India Menewaskan 22 Orang

Kebocoran tangki oksigen di rumah sakit yang menampung pasien Covid-19 di Nashik, India, Rabu (21/4).

MUMBAI – Sedikitnya 22 orang meninggal dunia di salah satu rumah sakit di Negara Bagian Maharashtra, barat India, setelah terjadi  kebocoran oksigen. Hal ini berakibatkan tidak ada oksigen utuk pasien, terutama pasien yang menggunakan ventilator. Informasi ini disampaikan menteri kesehatan wilayah itu.

Sementara itu, saat ini banyak rumah sakit India sudah kekurangan pasokan oksigen karena terjadi lonjakan pasien Covid-19. Setidaknya pada Rabu (21/4) kemarin dilaporkan terjadi penambahan 295.000 kasus baru dan 2.000 orang meninggal dunia.

Kebocoran terjadi di Kota Nashik, yang merupakan salah satu wilayah di India yang paling parah terkena pandemi.

“Pasien yang menggunakan ventilator di rumah sakit di Nashik telah meninggal,” kata Menteri Rajesh Tope dalam komentar yang disiarkan di TV India.

“Kebocoran itu terlihat di tangki yang memasok oksigen ke pasien-pasien ini. Pasokan yang terputus dapat dikaitkan dengan kematian pasien di rumah sakit. “

Rekaman yang konon difilmkan di tempat kejadian dan diposting online menunjukkan orang-orang mengenakan masker di tengah awan putih tebal yang keluar dari tangki penyimpanan oksigen pada Rabu (21/4) pagi.

Pasien yang mendapat oksigen termasuk di antara yang tewas di Rumah Sakit Dr Zakir Hussain di distrik Nashik, kata administrator lokal Suraj Mandhare kepada wartawan.

Pasokan rumah sakit terputus setelah sebuah tangki bocor saat unit penyimpanan sedang diisi.Kasus ini dalam penyelidikan pemerintah Maharashtra.

Krisis Oksigen

Pada Selasa (20/4), Perdana Menteri India Narendra Modi mengakui dalam pidato yang disiarkan televisi bahwa situasi pasokan oksigen di negara itu saat ini sedang krisis.

Modi berbicara ketika beberapa rumah sakit umum di ibu kota Delhi mengatakan mereka hanya memiliki sisa oksigen untuk delapan hingga 24 jam, sementara beberapa institusi medis swasta mengatakan persediaan mereka berkurang hingga lima jam.

Negara bagian tetangga Haryana telah memerintahkan perlindungan polisi untuk semua tangki oksigen di tengah laporan penjarahan oleh beberapa keluarga yang berjuang untuk menyelamatkan kerabat mereka yang sakit, menurut Reuters. Penyebaran Covid-19 saat ini di India diperkirakan telah dibantu oleh varian asli virus yang mengandung dua mutasi pada protein lonjakannya, yang tampaknya membuatnya lebih mudah ditularkan.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp