Tuesday, 05 March 2024

Search

Tuesday, 05 March 2024

Search

Kawal Pemilu 2024, Seluruh Anggota Polda DIY Dibekali Buku Saku Paduan Pengamanan

SLEMAN- Seluruh anggota Polda DIY yang diterjunkan  melakukan pengamanan pelaksanaan Pemiu 2024 dibekali buku saku sebagai panduan. 

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengatakan mereka yang melaksanakan pengamanan Pemilu 2024, agar memahami tugas dan tanggung jawabnya. 

“Setiap personel yang bertugas juga dilengkapi dengan buku saku, sehingga mereka bisa melihat apa yang harus dikerjakan dan tidak salah dalam melaksanakan tugas,” kata Irjen Pol Suwondo di halaman Mapolda DIY, Senin (12/2). 

Menurut Kapolda, dalam pengamanan ini sebanyak 933 personel Polda DIY akan dilakukan pergeseran ke Polres/Polresta yang berada di lingkungan Polda DIY untuk menutup kekurangan jumlah personil. 

“Jumlah personel sebanyak 933, terdiri perbantuan PAM TPS yang terbanyak di wilayah Gunungkidul, sehingga menutup kekurangan dalam menjaga dan pengamanan TPS,” ujarnya. 

Selain itu, pihaknya telah menyiapkan personel Samapta dan Brimob sebagai kendali di Polres/Polresta untuk bisa mengendalikan di wilayahnya. 

“Brimob dan Samapta sebagai kendali dari Kapolres/Kapolresta, setiap pasukan sudah dilengkapi dengan perlengkapan perorangan dan dibekali pelatihan, termasuk dibekali buku saku,” katanya. 

Pola pengamanan yang dilakukan, sesuai dengan hasil pemetaan dan pengamatan, untuk TPS rawan dengan pola 2-2-4 dan 2-3-6 yang artinya 2 polisi dengan 2 atau 3 TPS dengan 4 atau 6 Linmas. 

“Tapi TPS yang kurang rawan, ada yang 2-6 dan 12, artinya 2 polisi dengan 6 TPS dan 12 linmas. Anggota PAM TPS nanti siaga di kalurahan, yang Samapta tergantung kendali dari Kapolresta/Kapolres,” bebernya. 

Dalam apel tersebut, Kapolda DIY secara langsung melakukan pengecekan satu per satu personel yang akan bertugas pada hari pencoblosan yang dijadwalkan pada 14 Februari mendatang. Selain itu, dilakukan juga pengecekan terhadap jumlah personel yang akan ditempatkan di setiap TPS.

Frans C. Gultom

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media