Kapolri Minta Kabareskrim Baru Tegakkan Hukum Berkeadilan

Kapolri lantik Agus Andrianto sebagai Kabareskrim. Agus dilantik.

JAKARTA (IM) – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada Komjen Agus Andrianto selaku Kabareskrim baru, untuk melakukan penegakan hukum yang berkeadilan. Dengan begitu, tidak ada lagi stigma bahwa hukum tumpul ke atas tapi tajam ke bawah.

Pesan itu disampaikan Sigit setelah melantik Agus sebagai Kabareskrim Polri di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/2).

“Bapak Kabareskrim Polri, tolong betul-betul dikawal bagaimana mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan. Karena di masyarakat masih didapati suasana kebatinan yang merasakan bahwa hukum itu tajam hanya ke bawah tapi tumpul ke atas,” kata Sigit berpesan.

Jenderal Sigit juga berharap kepada Agus, untuk mengedepankan upaya restorative justice terhadap beberapa kasus yang berkaitan dengan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE.

Meski begitu, Ia juga menekankan, tetap bertindak tegas dan menegakkan hukum secara kuat terhadap masalah yang menyangkut keselamatan jiwa masyarakat serta berpotensi menimbulkan konflik horizontal.

“Sehingga kemudian rasa keadilan ini betul-betul kita wujudkan,” ujar Sigit.

Selain Kabareskrim, Kapolri juga melantik Kabaharkam, Kalemdiklat dan Kabaintelkam. Sementara jabatan Kapolda dan Wakapolda nantinya dilaksanakan pada pekan depan.

Upacara Sertijab ini sesuai dengan Surat Telegram Rahasi (STR) bernomor ST/318/III/KEP./2021 yang ditandatangani oleh As SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan tanggal 18 Februari 2021 atas nama Kapolri.

Sebagaimana termaktub dalam telegram, jabatan Kabaharkam akan diisi oleh Komjen Arief Sulistyanto yang sebelumnya menjabat Kalemdiklat.

Sedangkan, Komjen Rycko Amelza Dahniel yang tadinya menjabat Kabaintelkam kini dipercaya mengembang tugas sebagai Kalemdiklat.

Dan yang terakhir, satu-satunya Jenderal bintang dua yang dipromosikan menjabat job bintang tiga adalah Irjen Paulus Waterpauw yang sekarang sebagai Kapolda Papua. Paulus kini ditunjuk menjadi Kabaintelkam Polri.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp