International Media

Minggu, 22 Mei 2022

Minggu, 22 Mei 2022

Kapolri Lakukan Pengecekan Kesiapan Mudik di Tol Kalikangkung dan Terminal Purabaya

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto Humas Polri).

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan melakukan pengecekan serta peninjauan secara langsung di dua titik untuk memastikan kesiapan arus mudik Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun 2022, Rabu (27/4).

Berdasarkan informasi, Kapolri beserta para stakeholder terkait lainnya akan melakukan peninjauan di Pos Terpadu Gerbang Tol Kalikangkung KM 414.

https://2e3b848b6f1e8a2f12db1093b6a7a43c.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html Setelah meninjau lokasi itu, rencananya rombongan Kapolri akan melanjutkan dengan mengecek ke Terminal Purabaya, Sidoarjo, Jawa Timur.

Sebelumnya, Kapolri beserta menteri terkait kemarin telah melakukan pengecekan di  Pelabuhan Merak dan Tol Jakarta-Cikampek. Peninjauan ini untuk memastikan faktor keamanan dan kesehatan bagi masyarakat yang melaksanakan mudik. Polri dan stakeholder terkait telah menyiapkan berbagai macam upaya dan strategi guna mewujudkan hal tersebut.

Listyo  menyatakan, strategi rekayasa lalu lintas (lalin) seperti ganjil-genap, one way, contraflow hingga pemanfaatan penggunaan jalan alternatif seperti pantai utara dan jalur selatan, guna mengurai kemacetan dan kepadatan kendaraan saat mudik.

Pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu telah disiapkan serta bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan ketika melaksanakan mudik.

“Kita siapkan pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu yang bisa dimanfaatkan masyarakat yang kelelelahan dan ingin istirahat sehingga disiapkan berbagai fasilitas pada pos tersebut. Masyarakat bisa beristirahat dan bagi yang berbuka puasa juga disiapkan takjil. Kami juga berupaya angka kecelakaan pemudik yang kelelahan bisa seminimal mungkin ditekan,” ujar mantan Kabareskrim Polri tersebut.

Antisiasi Kemacetan

Sementara itu, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, menyebut pihak kepolisian sudah menyiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi kemacetan pada saat arus mudik Lebaran 2022.

“Bersama-sama stakeholder, untuk mengantisipasi kemacetan, akan dilakukan satu arah (one way), contra flow sepenggal dan juga ganjil genap,” kata Gatot Eddy saat meninjau KM 29 di Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Selain mengantisipasi kemacetan, Gatot juga menjelaskan bahwa upaya tersebut dilakukan sebagai langkah meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas para pemudik. Lebih lanjut, Gatot menuturkan bahwa nantinya saat malam hari, kendaraan berat dengan tiga sumbu tidak akan diperbolehkan melintas di jalan tol kecuali kendaraan truk yang membawa sembako dan bahan bakar minyak.

Gatot menjelaskan, 1.000 kamera pengawas juga telah disebar untuk memantau wilayah mana yang nantinya akan menjadi titik kemacetan.

“Kami dibantu Jasamarga, 1.000 CCTV (sudah) disiapkan. Kalau ada titik kemacetan, bisa dilihat grafiknya,” jelas Gatot.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mencatat bahwa sejak H-10 sampai H-6 Libur Lebaran, sebanyak total 118.655 kendaraan sudah melintas di Kedung Waringin. “Per hari Selasa, 26 April 2022 sebanyak 61.766 kendaraan sudah melintas di Kedung Waringin, Kabupaten Bekasi,” jelas Sambodo.***

Osmar Siahaan

Komentar

Baca juga