International Media

Jumat, 30 September 2022

Jumat, 30 September 2022

Kapolda Jateng Pastikan Kebutuhan BBM untuk Operasional Para Nelayan Terpenuhi

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi membagikan paket sembako kepada para nelayan di TPI Gempolsewu, Kebupaten Kendal, Jawa Tengah. Minggu 11 September 2022.

SEMARANG – Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Ahmad Luthfi memastikan kebutuhan BBM bagi operasional melaut para nelayan tetap terpenuhi. Hal ini disampaikannya saat membagi-bagikan paket sembako bersama Menteri Kelautan dan Perikanan,  Sakti Wahyu Trenggono, kepada para nelayan di TPI Gempolsewu, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, pada Minggu (11/9) pagi.

“Penyaluran BBM mulai kilang hingga tingkat SPBU dan SPB Nelayan, kita bantu kelancaran dan pengawasannya. Untuk para pelaku penyalahgunaan BBM sudah ditindak tegas,” kata Luthfi.

Dalam kesempatan itu, Kapolda turut memberikan ratusan paket bansos dan motivasi pada komunitas nelayan.

Kapolda Jateng menegaskan bahwa ia selalu memantau perkembangan di lingkungan nelayan.

Irjen Luthfi juga mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pertamina untuk memastikan pemenuhan kebutuhan BBM bagi komunitas nelayan tetap terpenuhi sesuai kebutuhan.

“Terkait keluhan nelayan tentang sulitnya nelayan memperoleh BBM, nanti tempatkan personil di SPBU-SPBU termasuk di SPBU khusus nelayan,” tandasnya.

Berdasar data diketahui, jumlah total Nelayan kecil diwilayah Jateng ada 63.839 orang, sedangkan jumlah kapal perikanan GT kecil ( < 30 GT ) yang berhak menerima BBM Subsidi berjumlah 35.561 unit.

“Kepolisian turut mengawasi agar BBM bersubsidi tetap lancar tersedia dan dimanfaatkan hanya oleh yang berhak. Hasil koordinasi dengan Pertamina ketersediaan BBM di Jateng cukup untuk beberapa bulan ke depan. Masyarakat diharap tetap tenang dan tidak melakukan panic buying,” jelas Kapolda.

Sementara itu Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan bahwa pemberian bantuan sosial oleh Polda Jateng juga menyasar pada komunitas nelayan.

“Hari ini disalurkan bantuan untuk nelayan di Kabupaten Kendal. Seluruh polres yang mempunyai satuan Polair juga melakukan hal yang sama,” kata Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy.

Dia menambahkan bahwa terkait dengan pengawasan pemberian bantuan bagi para nelayan kecil, Polda Jateng sudah melakukan pendampingan termasuk Bantuan Tunai Langsung Pedagang Kaki Lima dan Nelayan (BTLPK Nelayan).

“Pemberian bantuan bagi nelayan selalu kita bantu kelancarannya. Berdasar data, sampai April 2022, bantuan BTLPK Nelayan sudah tersalurkan 19.500 di 5 Kabupaten yaitu Pati, Pekalongan, Tegal, Kebumen Kendal,” terangnya. ***

Osmar Siahaan

Komentar

Baca juga