Friday, 27 January 2023

Friday, 27 January 2023

Kanwil DJP Jakbar Bersama Perhimpunan INTI DKI Jakarta Sosialisasi Validasi NIK untuk Jadi NPWP

Teddy Sugianto, I Wayan Suparmin, HM Anda Hakim, Lyli Tan, perwakilan Kanwil DJP Jakbar dan peserta sosialiasi berfoto bersama.

JAKARTA—-NIK (Nomor Induk Kependudukan) bakal menjadi NPWP (nomor pokok wajib pajak) dan akan berlaku penuh pada 2024.

         Untuk itu pihak Kanwil DJP (Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak) Jakarta Barat gencar melakukan sosialisasi Validasi NIK Untuk Jadi NPWP.

         Seperti pada Rabu (11/1) kemarin, Kanwil DJP Jakarta Barat melakukan sosialisasi bersama Perhimpunan INTI (Indonesia Tionghoa) DKI Jakarta, di Sekretariat Perhimpunan INTI Pusat, MGK Kemayoran, Jakarta.

         Hadir langsung dalam sosialisasi tersebut,  Kepala Bidang Pendaftaran, Ekstensifikasi dan Penilaian Kanwil DJP Toto Hendarto, Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Jakarta Barat Herry Setyawan, Ketua Umum Perhimpunan INTI Teddy Sugianto, Sekjen Candra Jap, Ketua Perhimpunan INTI DKI Jakarta I Wayan Suparmin dan pimpinan INTI lainnya, antara lain HM Anda Hakim, Untung K Wijaya dan Lily Tan.

Dirjen Pajak Suryo Utomo menyampaikan kata sambutan secara virtual.

         Acara diawali dengan kata sambutan dari Dirjen Pajak Suryo Utomo secara virtual.

         Bersama jajarannya, Kabid Pendaftaran, Ekstensifikasi dan Penilaian Kanwil DJP Toto Hendarto melakukan sosialisasi tentang adanya integrasi NIK menjadi NPWP tersebut secara langsung.

         Ada pun dasar dari program tersebut adalah implementasi dari Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Indonesia satu data. Implementasi tersebut akan mulai dilakukan sejak tanggal 1 Januari 2024 mendatang.

Toto Hendarto memberikan cenderamata ke Teddy Sugianto.
I Wayan Suparmin memberikan plakat INTI ke Toto Hendarto.

NIK menjadi NPWP, jadi apapun nanti kegiatan kewajiban perpajakan maupun hak dan wajib pajak bisa diakses hanya dengan menggunakan NIK.

         Ketua Perhimpunan INTI DKI Jakarta I Wayan Suparmin berharap sosialisasi tersebut dapat bermanfaat bagi semuanya.

         “Kita bantu sepenuhnya program perpajakan ini. Sekarang pajak merupakan kesadaran kita dalam mengabdi kepada bangsa dan negara,” ujarnya.

Penyuluh pajak memaparkan materi tentang integrasi NIK menjadi NPWP.

         Perhimpunan INTI, sambung I Wayan Suparmin, merupakan organisasi yang bergerak di bidang budaya dan sosial serta tidak berpolitik. “Kita tidak berpolitik, tapi kita bantu program pemerintah seperti program perpajakan ini,” tegasnya. ***

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media