Friday, 19 April 2024

Search

Friday, 19 April 2024

Search

Kalimalang Jadi Sumber Air Baku Jakarta, Pemprov DKI Tanam Pohon Bersama

PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama perwakilan empat lembaga pemerintahan, BUMN, Jasa Tirta II, Pemda dan PUPR di kegiatan penambahan pohon di Jakarta Timur, Jumat (6/1).

JAKARTA- Kalimalang menjadi sumber air baku untuk wilayah Jakarta. Oleh karena itu, Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan penanaman 10.200 pohon bersama 4 lembaga pemerintahan di sepanjang jalan Malahayati Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur. Keempat lembaga pemerintah yakni, Pemprov DKI, Jasa Tirta II, BUMN, Pemda dan PUPR.

“Terdapat 4 lembaga yang terlibat dalam kegiatan penanaman pohon untuk Jakarta hijau yakni, PUPR, Tirta II, BUMN dan Pemda. Satunya lagi adalah airnya adalah itu adalah air baku untuk PAM yang kita semua minum,” ungkap PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, kepada wartawan di Jakarta Timur,Jumat (6/1).

Heru mengatakan kegiatan penanaman pohon dilakukan pertama kali di wilayah Jakarta Timur. Kegiatan ini pun dilakukan secara bersama dengan 4 lembaga pemerintah lainnya. Kemudian, dia menyatakan penanaman ini juga dilakukan di 3 kelurahan di Jakarta Timur. Kegiatan penanaman ini tidak hanya berhenti di Jakarta Timur namun dilakukan sampai Wilayah Bekasi.

 “Sebelumnya kan enggak ada apa-apa. Kosong, semak belukar, kita rawat, tempatnya strategis, terus area yang sangat strategis sekali lagi ini adalah air baku yang harus dirawat. Sekali lagi titip pesan kalau bisa nanti bersama (penanaman pohon) sampai Bekasi,” ujarnya.

Kemudian, dalam kegiatan penanaman pohon hari ini, Pemprov DKI Jakarta dan pihak yang terlibat sepakat memilih Pohon Kencana untuk ditanam di sepanjang Kalimalang, Jakarta Timur karena tidak akan mengganggu konstruksi saluran yang ada disekitarnya. Sehingga pohon kencana menjadi pilihan yang aman dan baik untuk lingkungan dan juga ramah pada bangunan sekitarnya.

“Sebelum saya tanam saya tanya ke BPJT, apa yang boleh dan tidak boleh, pohon beringin boleh gak? Oh gaboleh, pohon apa yang besar-besar ya, kalau akasia kan gampang tumbang, kira-kira seperti itu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Direktur Utama Jasa Tirta II, Imam Santoso mengatakan kegiatan penanaman pohon yang dilakukan pagi ini berfungsi untuk merawat lingkungan sekitar Kalimalang, Jakarta Timur. Ini karena Kalimalang adalah inti dari sumber air baku bagi kebutuhan masyarakat Jakarta.

Imam menyatakan pihaknya sangat mendukung penuh kegiatan yang bermanfaat ini terutama untuk masyarakat sekitar.

Seperti diketahui, kegiatan penanaman pohon ini ditargetkan tak hanya untuk melestarikan lingkungan di sekitarnya namun difungsikan sebagai urban farming. “Terima kasih, kami dari Jasa Tirta II, kementerian BUMN, sangat bergembira sekali, karena kita tahu saluran kalimalang ini adalah inti dari pemberian air baku untuk Jakarta, jadi harus kita rawat dan kita jaga,”ungkap Direktur Utama Jasa Tirta II, Imam Santoso kepada awak media di Jakarta Timur, Jumat (6/1). ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media