Kadin Kalbar Lakukan Ekspor Serbuk Kratom Perdana ke India

Ketua Kadin Kalbar Santyoso Tio menyaksikan langsung ekspor serbuk kratom dengan negara tujuan India.

PONTIANAK–Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalimantan Barat Jumat (9/4) lalu melaunching ekspor serbuk kratom dengan negara tujuan India.

          Pengiriman satu kontainer kratom seberat tujuh ton itu disaksikan Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalbar Bulyadi serta Ketua Kadin Kalbar Santyoso Tio.

          Ketua Kadin Kalbar Santyoso Tio mengatakan tanaman kratom adalah salah satu komoditas yang mampu menghidupi masyarakat di daerah pada masa pandemi ini.

Apalagi, menurutnya, kebanyakan pelaku kratom adalah petani lokal yang tergolong UMKM.

          Tanaman ini hidupnya di hutan-hutan. Kemudian petani lokal lalu memanennya. Dan yang dipanen juga hanya daunnya saja.

Pohonnya tetap lestari dan daunnya tumbuh terus. Dari segi ekonomi sangat membantu petani lokal kita, sedangkan untuk lingkungan juga bagus,” katanya.

Kadin Kalbar juga mendukung para UMKM hingga eksportir Kalbar untuk terus meningkatkan produksi tanaman ini dan mencari pasar seluas-luasnya.

Sementara itu eksporter paket serbuk kratom Rudyzar Zaidar Mochtar menyebutkan India adalah negara baru yang menjadi importir kratom asal Kalbar.  Menyusul negara tujuan lainnya yaitu Amerika, Eropa dan Asia.

          Permintaan dari India mulai meningkat. Dan di sana olahan kratom dilegalkan pemerintahnya serta dijadikan bahan baku untuk minuman kesehatan dan minuman berenergi berskala industri.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalbar Bulyadi menyatakan pihaknya mendukung penuh ekspor komoditas kratom. Apalagi komoditas ini bersentuhan langsung dengan ekonomi kerakyatan. Tanaman ini  memang berasal atau endemik dari Kalbar, utamanya Kapuas Hulu. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp