International Media

Kamis, 26 Mei 2022

Kamis, 26 Mei 2022

Kabupaten Bekasi Bakal Miliki Pasar Agribisnis di Cibarusah

Pemkab Bekasi akan membangun pasar agrabisnis di Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi.

BEKASI- Pemkab Bekasi bakal membangun Pasar Agribisnis tahun ini. Pasar yang khusus menjual komoditas pertanian ini bakal dibangun di Kecamatan Cibarusah. Rencananya, pembangunan akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Ini merupakan usulan dari masyarakat, tentu melalui Musrenbang yang kemudian kami aplikasikan. Lokasinya di Cibarusah,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi, Beni Saputra, Minggu (3/4).

Pasar agribisnis merupakan lokasi di mana pedagang dan pembeli bertransaksi. Namun, kali ini komoditas yang diperjualbelikan khusus tentang produk pertanian. Diharapkan dengan disediakannya fasilitas khusus, penjualan produk pertanian di Kabupaten Bekasi bakal meningkat. Berdasarkan laman resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik Kabupaten Bekasi, Pasar dan Sentra Agribisnis Kabupaten Bekasi tengah dilelang dengan pagu anggaran Rp4.966.287.791. Saat ini, proses lelang tengah memasuki tahapan evaluasi administrasi, kualifikasi teknis dan harga.

Dengan luasnya lahan pertanian, keberadaan pasar agribisnis sangat diperlukan di Kabupaten Bekasi. Dengan memangkas jalur distribusi, kini petani dapat memasarkan hasil pertaniannya langsung ke pembeli. Pembangunan pasar pun dapat turut mendongkrak program pemulihan ekonomi dampak pandemi covid-19.

Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Bekasi, Cecep Noor mengapresiasi langkah pembangunan yang dilakukan Pemkab Bekasi. Namun, dia mengingatkan agar setiap proses pembangunan dibarengi dengan kualitas dari hasil akhir. Lebih dari itu, hasil pembangunan pun harus dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Pembangunan pasar agribisnis ini masuk dalam tahap pertama pengadaan barang dan jasa bersama 106 proyek lainnya. Diharapkan, pasar selesai dibangun sebelum memasuki akhir tahun. ***

Prayan Purba

Komentar