Monday, 04 March 2024

Search

Monday, 04 March 2024

Search

Jumat Curhat, Kapolda DIY Minta Masyarakat Berperan Serta Memelihara Keamanan

BANTUL: Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan pada kegiatan Jumat Curhat Minggu pertama di bulan Februari kali ini menyasar Komunitas Juru Parkir, Komunitas Penyeberang Jalan dan Komunitas Pengusaha Warung Kopi di wilayah Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.
Jumat Curhat dilaksanakan di Kopi Kampung Ambarukmo, Banguntapan, Bantul, Jumat (3/2).
Kapolda DIY pada sambutannya menyampaikan kepada warga yang hadir untuk mengemukakan unek-uneknya tentang harkamtibmas di wilayahnya.
“Monggo bapak ibu, silahkan sampaikan unek-uneknya, jangan sungkan sampaikan saja,” ujar Suwondo.
Menanggapi permasalahan Kamtibmas yang ada di wilayah Kapanewon Banguntapan, Kapolda DIY Irjen Suwondo mengajak kepada seluruh masyarakat untuk berperan serta dalam memelihara keamanan.
“Sekarang pekerjaan kepolisian tidak hanya melakukan penangkapan, namun juga melakukan himbauan-himbauan agar tidak sampai terjadi tindakan kriminal, mencegah,” jelasnya.
Berbicara mengenai pencurian kendaraan, Kapolda DIY mengaku mendapat laporan bahwa Polres Bantul telah menangkap pelaku pencurian kendaraan dengan delapan lokasi kejadian di wilayah Bantul.
“Nanti oleh Polres Bantul melalu media sosialnya akan disampaikan, motor dan lokasi kejadiannya,” ungkapnya.
Kapolda DIY juga menyampaikan ajakan kepada masyarakat bila menemukan sesuatu yang mencurigakan laporkan saja kepada kepolisian.
“Kalo ada yang mencurigakan, laporkan saja. Narkoba misalnya, jangan takut laporkan saja. Pelapor akan dijamin keamanannya dan tidak dijadikan saksi oleh penyidik,” ajaknya.
Kapolda DIY memastikan setiap pelapor atau pemberian informasi baik tentang narkoba tidak dipanggil untuk diperiksa.
“Saya jamin, kalo ada yang dipanggil karena melaporkan, langsung ketok ruangan saya. Saya panggil penyidiknya,” tegasnya.
Selain itu, Kapolda DIY juga langsung mengeksekusi jawaban permasalahan parkir yang dilontarkan oleh warga sekitar JEC. Kapolda menyampaikan bahwa parkir diutamakan berada di dalam Kompleks JEC, namun bila jumlah kendaraannya sudah melebihi kapasitas maka diperbolehkan parkir di luar JEC dengan catatan hanya sebaris saja agar arus lalu lintas tetap lancar.
“Bila di dalam (parkir) sudah penuh, baru parkir di luar satu baris, sepakat?,” ucap Kapolda DIY diiringi kata sepakat dari warga komunitas juru parkir.
Di akhir tanya jawab dengan warga, Kapolda menyampaikan terkait isu yang saat ini marak dengan penculikan anak. Kapolda memastikan bahwa hingga saat ini belum ada laporan yang masuk ke kepolisian (Polda DIY).
“Saya pastikan, hingga saat ini belum ada laporan yang masuk tentang kasus penculikan,” jawabnya.
Di kesempatan yang sama, kepada anggota Bhabinkamtibmas, Kapolda juga berpesan untuk melakukan pendampingan kepada warga di wilayahnya agar harkamtibmas terjaga.
“Tolong teman-teman Babinkamtibmas asistensi mencegah orang menjadi korban. Jadi asistensi tempat-tempat menjadi kerumunan seperti warung kopi,” pungkas Suwondo.

Frans C. Gultom

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media