Jonatan Christie Ambil Hikmah Setelah Gagal Berkompetisi di All England

Foto ist

JAKARTA –  Tim bulutangkis Indonesia diperbolehkan pulang ke Tanah Air, Minggu (21/3) setelah gagal tampil di ajang All England 2021. Tunggal putera Indonesia, Jonatan Christie menyatakan kegembiraannya.

Walau gagal berkompetisi di All England, Jonatan mengambil hikmah atas peristiwa itu. Jonatan sendiri sempat memainkan laga pertama  dengan mengalahkan Kunlavut Vitidsarn 21-13, 24-22. Juara Asian Games 2018 itu percaya tim Indonesia bisa menebus kegagalan ini di turnamen berikutnya.

“Iya Puji Tuhan banget kita bisa pulang sebelum waktu yang ditentukan, saya berterima kasih kepada pihak KBRI di Inggris, Kemenpora, bahkan Bapak Presiden yang sudah memperhatikan dan meminta kasus ini untuk ditangani secepat mungkin, termasuk kepada PBSI juga yang menanggapi dengan sangat cepat. Ya walaupun kita tidak dapat lanjut bertanding, tetapi kita ambil hikmahnya. Pastinya kita akan lakukan yang terbaik untuk pertandingan berikutnya,” kata Jonatan dikutip dari laman PBSI.

Sebagaimana diketahui,  tim bulutangkis Indonesia yang berlaga di All England diwajibkan menjalani karantina mandiri setelah diketahui sepesawat dengan penumpang yang terpapar Covid-19. Pada awalnya, Jonatan dan kawan-kawan  diharuskan isolasi selama 10 hari sehingga dipaksa kalah WO.

Dalam prosesnya, pemerintah Indonesia melalui Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya, melakukan upaya komunikasi alot dengan pemerintah setempat, yang diwakili oleh National Health Service dan Kepala Departemen Kemenlu Inggris untuk Asia Tenggara Sarah Cooke

Tujuannya agar tim Indonesia bisa pulang lebih cepat daripada harus dikarantina di hotel tim. Setelah perdebatan panjang,  Tim Indonesia  akhirnya diperbolehkan pulang pada Minggu (21/3) pukul 17.40 waktu setempat.

Mereka menumpang Turkish Airlines dan dijadwalkan tiba di Jakarta pada Senin pukul 18.00 WIB, kemudian menjalani karantina selama lima hari di Grand Mercure, Kemayoran. ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp