Friday, 24 May 2024

Search

Friday, 24 May 2024

Search

Jokowi Sedih, 60% Kue Iklan Telah Diambil Paltform Asing

residen Joko Widodo (Jokowi).

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa industri media konvensional, kini  menghadapi tantangan berat. Hal ini  terjadi karena sekitar 60 persen belanja iklan telah diambil oleh media digital terutama platform-platform asing.

“Ini sedih loh kita. Sehingga tadi malam saat makan durian saya mengundang beberapa tokoh insan pers untuk berbicara mengenai ini,” kata Jokowi dalam sambutannya pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2023, Kamis (9/2).

Jokowi mengungkapkan  bahwa  Menkominfo telah mengajukan izin prakarsa mengenai rancangan Perpres tentang kerja sama perusahaan platform digital dengan perusahaan Pers untuk mendukung jurnalisme yang berkualitas.

Di sisi lain juga ada usulan rancangan Perpres tentang tanggung jawab perusahaan platform digital untuk mendukung jurnalisme yang berkualitas.

“Saran saya bertemu, kemudian dalam satu bulan ini harus selesai mengenai Perpres ini. jangan lebih dari satu bulan. Dah. Saya akan ikut nanti dalam beberapa pembahasan mengenai ini,” kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan bahwa 60 persen belanja iklan yang diambil oleh media digital terutama platform-platform asing mengakibatkan sumber daya keuangan media konvensional semakin berkurang. “Sekali lagi sekitar 60% belanja iklan telah diambil oleh media digital terutama platform-plaform asing. Artinya Apa? sumber daya keuangan media konvensional akan semakin berkurang terus. Larinya pasti ke sana dan sebagian sudah mengembangkan diri ke media digital tetapi dominasi platform asing dalam mengambil belanja iklan ini telah menyulitkan media dalam negeri kita,” kata Jokowi. ***

Osmar Siahaan

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media