Jokowi: Pemerintah Tak Suka Impor Beras, Tapi …

Presiden Joko Widodo (Jokowi).

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah pada dasarnya tak suka mengimpor beras. Ia menyebut, selama ini impor beras terpaksa dilakukan karena adanya hambatan produksi akibat pandemi Covid-19.

“Tentu saja kita juga ingin swasembada. Pemerintah sebetulnya tidak senang, tidak suka yang namanya impor beras,” kata Jokowi saat meninjau panen di Desa Wanasari, Kecamatan Bangodua, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (21/4).

“Tapi karena hitung-hitungan, banyak yang kena banjir, pandemi, kadang memang hitung-hitungan kalkulasi, waduh ini kurang sehingga perlu tambahan untuk cadangan tapi kemarin sudah kita putuskan bahwa sampe Juni tidak ada impor,” ujarnya.

Kepala Negara mengungkapkan bahwa pemerintah berencana tidak akan impor beras hingga akhir 2021 mendatang. Asalkan, kata dia, produksi padi di Tanah Air bagus.

“Insya Allah nanti sampai akhir tahun, kalo kita tahan, produksinya bagus berqrti juga tidak akan impor,” tukasnya.

Jokowi bertolak ke Indramayu, Jawa Barat, Rabu (21/4) pagi dengan menempuh perjalanan darat dari Istana Kepresidenan Bogor. Berdasarkan rilis Biro Pers Sekretariat Presiden, Jokowi berangkat sekitar  pukul 07.00 WIB menuju Desa Wanasari, Kecamatan Bangodua, Indramayu. Kemudian, pada pukul 10.00 WIB, Jokowi meninjau dan berdialog dengan para petani setempat.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp