Jokowi Ingin Vaksinasi Drive Thru Bogor Jadi Percontohan

Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan usai meninjau proses vaksinasi drive thru di GOR Pajajaran, Kota Bogor, Jumat (19/3).

BOGOR-  Presiden Jokowi juga melihat langsung proses vaksinasi drive thru di GOR Pajajaran, Kota Bogor, Jumat (19/3). Ia meminta palayanan vaksinasi tanpa turun dari kendaraan itu jadi percontohan.

Saat tiba di lokasi pelayanan vaksinasi Drive Thru yang diperuntukkan bagi warga berusia lanjut (lansia) dan driver/ojek online, Jokowi langsung disambut oleh Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Wali Kota Bogor, Bima Arya.

“Baru saja tadi saya melihat proses vaksinasi yang dimulai dari registrasi kemudian screening di atas kendaraan kemudian pemberian penyuntikan vaksin dan observasi. semuanya berjalan dengan lancar,” kata Jokowi di GOR Pajajaran, Kota Bogor, Jumat (19/3).

Jokowi mengapreasiasi proses vaksinasi massal di Kota Bogor pusat di dua lokasi, satu di antaranya dengan model drive thru. “Saya baru melihat langsung proses vaksinasi drive thru, mulai dari meja registrasi, skrining, penyuntikkan, hingga observasi. kemudian pemberian penyuntikan vaksin dan observasi. semuanya berjalan dengan lancar,” katanya.

“Kita harapkan model-model vaksinasi drive thru seperti ini, bisa dilakukan di kota-kota lain. Sehingga akan mempercepat proses vaksinasi secara nasional karena yang saya kemarin juga misalnya di Kota Makassar, di Kabupaten Tana Toraja semuanya juga bergerak dan hari ini di Kota Bogor juga dilakukan vaksinasi massal secara besar-besaran,” tuturnya.

Gubernur Ridwan Kamil merespon, bahwa Jawa Barat sudah beberapa kali melakukan vaksinasi model drive thru. Kata dia, layanan vaksinasi itu dapat membantu percepatan proses vaksinasi.

Tidak hanya model vaksinasi berjalan, rencananya Bogor akan menerapkan vaksinasi di pusat perbelanjaan. Hal itu, sekaligus untuk membangkitkan perekonomian.

“Kalo mengandalkan vaksinasi di pusat kesehatan setelah kami hitung tidak akan cukup waktunya. Makanya mendorong gedung- gedung, kemudian memanfaatkan GOR untuk drive thru termasuk mengarahkan agar mall-mall juga dipakai. Nanti sambil habis vaksin mungkin belanja supaya meningkatkan psikologi unit belanja,” tambah Ridwan Kamil. ***

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp