International Media

Senin, 8 Agustus 2022

Senin, 8 Agustus 2022

Jokowi dan PM Jepang Bahas Soal Rusia-Ukraina dan Laut China Selatan

Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam pertemuan bilateral di Tokyo, Jepang, Rabu 27 Juli 2022.(Foto dok Sekretariat Presiden).

JAKARTA – Presiden Joko Widodo  (Jokowi) melakukan sesi pertemuan working lunch dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Jepang, Rabu (27/7).

Dalam pertemuan itu, kedua pemimpin negara tersebut  membahas berbagai hal, di antaranya soal isu global dan isu kawasan Asia.

“Dalam working lunch setelah konferensi pers bersama ini kami akan mendiskusikan situasi di kawasan dan kerja sama internasional,” ujar PM Kishida dalam konferensi pers bersama Presiden Jokowi, sebagaimana dilansir dari YouTube resmi Reuters pada Rabu (27/7)  siang.

“Pembahasan situasi di kawasan antara lain agresi Rusia ke Ukraina, Laut China Timur dan Selatan, kebijakan terhadap Korea Utara seperti nuklir, rudal dan isu penculikan serta situasi di Myanmar,” katanya,

Sementara itu, pembahasan kerja sama internasional, antara lain soal pelucutan senjata dan isu nuklir serta penguatan fungsi PBB. PM Kishida pun mengungkapkan, Jepang akan menjadikan kunjungan Presiden Jokowi ke Tokyo kali ini sebagai momentum untuk lebih mempererat hubungan kedua negara.

“Mengingat kita akan memperingati 65 tahun hubungan diplomatik (Indonesia-Jepang) dan 50 tahun hubungan persahabatan dan kerja sama Jepang-ASEAN pada tahun depan,” katanya.

“Bersama dengan Indonesia, Jepang akan berkontribusi untuk perdamaian dan kestabilan kawasan dan dunia,” ujar PM Kishida.

Diberitakan sebelumnya, setelah menempuh penerbangan selama tiga jam dari Beijing, Tiongkok, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi beserta rombongan tiba di Bandar Udara Haneda, Tokyo, Jepang, Rabu (27/7) dini hari.

Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Presiden dan rombongan mendarat pada pukul 00.30 waktu setempat (WS) dan setelah pintu pesawat terbuka, Presiden dan Ibu Iriana turun dari pesawat. Presiden dan Ibu Iriana kemudian menuju hotel tempatnya menginap di Tokyo dan melanjutkan kunjungan kerjanya di pagi hari.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan ke Tokyo yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. ***

Osmar Siahaan

Komentar

Baca juga