International Media

Senin, 23 Mei 2022

Senin, 23 Mei 2022

Jelang Ramadhan, Polres Jakut Pantau Stok dan Harga Kebutuhan Pokok di Pasar

JAKARTA (IM) – Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara, Komisaris Besar Polisi Wibowo memastikan, pihaknya akan memantau stok dan harga bahan pangan di seluruh pasar jelang bulan Ramadhan.

“Kami akan terus memantau di seluruh pasar untuk mengecek ketersediaan maupun stabilitas harga, termasuk langkah-langkah pengawalan, pengawasan, pendistribusian bahan-bahan kebutuhan pokok mulai dari pabrik sampai pasar,” ujar Wibowo, saat meninjau Pasar Rawabadak, Koja, Jakarta Utara, Selasa (29/3).

Wibowo memeastikan untuk saat ini stok bahan kebutuhan pokok masyarakat masih tersedia di pasar. Beberapa bahan yang dia cek antara lain daging, telur minyak goreng, terigu, beras hingga sayurmayur.“Semuanya masih tersedia termasuk stabilitas harga. Walaupun tadi ada beberapa bahan terjadi fl uktuasi atau kenaikan, namun ini masih kami anggap normal, contohnya minyak goreng,” katanya.

Wibowo mengatakan, pedagang di Pasar Rawabadak menjual minyak goreng dengan harga Rp 18.000 per liter. Menurut Wibowo, perbedaan harga minyak goreng, terutama curah, terjadi di tingkat penjual yang mengambil stok dari agen. Harga tersebut lebih tinggi dari harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 11 Tahun 2022, yakni Rp 15.500 per kilogram dan Rp 14.000 per liter.

“Tapi ini kami anggap masih normal karena pendistribusian minyak goreng mulai dari pabrik, distributor, hingga agen masih normal,” katanya.

Di Pasar Rawabadak, Wibowo sempat berbincangbincang dengan beberapa pedagang. Ia menanyakan soal ketersediaan dan harga bahan pangan jelang Ramadhan. Beberapa pedagang mengeluhkan bahan pangan yang sulit didapatkan antara lain gula dan minyak goreng. ● lus

Chenabbas

Komentar