Jelang InaFashion Smesco Online Expo 2021, Hippindo Gelar Talkshow Bertajuk Pemanfaatan Market Place

Paparan Hilmi Tokopedia

JAKARTA–Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) mendukung penuh pameran virtual inaFashion Smesco Online Expo 2021 yang diinisasi olehInaproduct dan bekerjasama dengan Smesco Indonesia yang akan berlangsung 21-30 April 201.  

Sebagai wujud dukungannya sekaligus mensosialisasikan event pertama kalinya tersebut, Hippindo menggelar Talk Show bertajuk Pemanfaatan Marketplace dalam Sistem Penjualan yang Fair dan Transparan Demi Terciptanya Konsumen yang Berdaya untuk Pulihkan Ekonomi Bangsa.

Paparan Dirjen Veri Anggriono

Talkshow digelar Senin (19/4) dengan menampilkan narasumber Veri Anggrijono (Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Kementerian Perdagangan), Syailendra (Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan), Hilmi Adrianto (Public Policy and Government Relations Tokopedia) dan sebagai moderator, Yongky Susilo (Board Expert Hippindo).

          Pada kesempatan tersebut, Veri Anggrijono (Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga), memberikan paparan bagaimana perilaku konsumen untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

          Menurutnya, sebagai konsumen harus teliti memilih dalam market place,  pilih situs belanja online terpecaya, memilih seller dengan reputasi baik, memeriksa foto/gambar yang ditawarkan penjual, melihat garga dan membandingkan dengan yang lain, hati hati dalam pembayaran dan jangan simpan kartu kredit di toko online dan Lakukan pengaduan bila tidak sesuai permintaan.

          Sebagai pelaku usaha juga memiliki tanggung jawab di antaranya memberi ganti rugi, layanan purna jual dan apabila sebagai importer harus bertanggung jawab atas barang impornya.

          Syailendra (Dirjen Perdagangan Dalam Negeri) dan Hilmi Adrianto (Public Policy and Government Relations Tokopedia) memaparkan perkembangan E-Commerce di Indonesia, dari 42,32 T tahun 2017 menjadi  347 T ditahun 2021.

Dirjen PDN selain memaparkan proses perekembangan sekaligus berharap sector perijinan bagi pelaku E-Commerce dipenuhi, baik pelaku di DN maupun LN .

          Hilmi Adrianto mengatakan perkembangan Tokopedia sekaligus proses digitalisasi untuk UMKM agar terus bertumbuh dan memulihkan perekonomian Nasional.

Tokopedia juga telah berkolaborasi dengan Pemerintah sekaligus pemberdayaaan UMKM dan Pemasaran produk UMKM.  bam

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp