Monday, 06 February 2023

Monday, 06 February 2023

Jelang Imlek, Umat Tri Dharma Lakukan Tradisi Bersih-bersih Rupang Dewa di Kwan Sing Bio Semarang

Pengurus Yayasan Tri Setia Bakti Semarang beserta puluhan umat berfoto bersama di depan T.I.T.D Kelenteng Kwan Sing Bio.

SEMARANG—Momentum Tahun Baru Imlek 2574 yang sebentar lagi tiba akan diperingati dan dirayakan oleh masyarakat etnis Tionghoa di seluruh dunia, dan Imlek tahun ini adalah Tahun Kelinci Air.

Pengurus Yayasan Tri Setia Bakti Semarang bersama umat dan simpatisan berfoto bersama.

Biasanya sebelum merayakan, warga etnis Tionghoa umat Tri Dharma  akan melaksanakan tradisi bersih – bersih di kelenteng ataupun vihara.

Umat melakukan bersih – bersih di T.I.T.D Kelenteng Kwan Sing Bio Semarang.

Sepertinya halnya umat Tri Dharma di T.I.T.D Kelenteng Kwan Sing Bio Jalan Tanggul Mas Raya No. 9  Semarang, Jawa Tengah, Pengurus Yayasan Tri Setia Bhakti beserta puluhan umat mengadakan tradisi bersih – bersih  rupang (Kimsin Dewa) maupun perabotannya pada Minggu (15/1) pagi.

Sebelumnya, mereka berdoa  di depan altar utama YM.Namo Cia Lan Phu Sat  (Dewa Tuan Rumah). Dilanjutkan berdoa di depan altar Tri Dharma.

Setelah itu terlihat mereka beramai – ramai bahu membahu menurunkan rupang suci dewa untuk disucikan dengan air yang dicampur dengan bunga kembang telon (mawar,melati dan kantil) yang wangi harum baunya.

Bukan hanya  kimsin atau rupang dewanya saja yang dibersihkan tetapi juga semua perabotan sembahyang  beserta senjata senjata  pusaka kelenteng.

Suhu Prajito Tjhia ikut bersih – bersih, mensucikan Kimsin Dewa Namo Cia Lan Phu Sat.

Baju – baju dewanya pun juga diganti dengan yang baru. Tempat abu atau Hio Lo dan lain lain  juga dibersihkan.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Tri Setia Bakti Semarang Suhu Prajito Tjhia didampingi sekretaris yayasan Surian Sutrisno dan anggota pembina yayasan Anton Budiman menjelaskan, menjelang datangnya tahun baru Imlek  yang jatuh pada 22 Januari 2023 mendatang, pengurus Yayasan bersama umat  melaksanakan bersih – bersih kelenteng sesuai tradisi.

Harapannya di dalam mengarungi  tahun baru Imlek 2574 nanti, umat   bisa mendapat  hoki, rezeki, keselamatan dan berkah dari dewa. tri

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media