Tuesday, 05 March 2024

Search

Tuesday, 05 March 2024

Search

Jelang Imlek, Umat Tri Dharma  Laksanakan Tradisi  Bersih- bersih  di Kelenteng Welahan

Suasana tradisi bersih - bersih di Kelenteng Hian Thian Siang Tee – Welahan.

WELAHAN–Menjelang datangnya tahun baru Imlek 2575, umat Tri dharma  (Buddhis, Tao dan Khonghucu) melaksanakan tradisi bersih – bersih di Kelenteng Welahan   selama 2 hari berturut – turut.

Hari pertama pada hari Rabu (31/1) mulai pukul 06.30 WIB, mereka melaksanakan Bersih Bersih di Kelenteng Hok Tek Bio( Dewa Bumi) yang terletak di Jl.Pasar Welahan , dan berlanjut  hari ke dua pada Kamis (1/2) mulai jam 06.15 WIB, mereka melaksanakan di Kelenteng  Hian Thian Siang Tee (Dewa Langit Utara dan Dewa Pengobatan) yang terletak di Jl.Gang Pinggir No.4 Welahan.

Pada Kamis (1/2)  sejak pagi  sekitar 100 umat tri dharma dari berbagai kota seperti dari Semarang, Welahan, Pati, Jepara  Kudus dan Jakarta tampak berkumpul di halaman Kelenteng Hian Thian Siang Tee. 

Setelah selesai bersembahyang bersama mohon ijin  Kongco (Dewa) untuk melaksanakan Upacara Bersih Bersih  Kimsien  (Rupang Dewa), puluhan umat menurunkan Kimsin- Kimsin para Sin Beng (Makco & Kongco ) yang ada.

Seperti Kimsin  tuan rumah yaitu Paduka YM.Kongco Hian  Thian Siang Tee (Dewa Obat)  juga di turunkan  untuk di sucikan dengan air suci.

Beberapa umat tri dharma membersihkan (mensucikan) Kimsin (rupang Dewa) di Kelenteng Welahan.

Menurut Pengurus Yayasan Pusaka Kelenteng Welahan  Dicky Soegandhi  Tee  bahwa setiap menjelang datangnya Tahun Baru Imlek  pihaknya bersama umat melaksanakan tradisi yaitu bersih – bersih  kelenteng.

Bukan hanya Kimsin (Rupang Dewa)  nya saja yang di sucikan/dibersihkan tapi juga semua  ornamen- ornamen maupun perangkat alat – alat sembahyang juga di bersihkan .

Di Kelenteng Welahan ini cara membersihkan nya dengan air yang telah di campur dengan merang londo. Hal ini di Klenteng Welahan sudah menjadi tradisi sejak dulu mensucikan  Kimsin (rupang Dewa) dengan air londo namanya.

“Puncaknya   akan diadakan  Penyalaan 168 Pelita Berkah dan Keselamatan Imlek 2575 di Klenteng Hian Thian Siang Tee – Welahan utk menyambut Malam Imlek 2575,” ujar Dicky Soegandi Tee.

Salah seorang pejimsin dari Kudus Wong Dho Liong ( Yudo Widodo) mengatakan bahwa setiap menjelang Tahun baru Imlek, dirinya selalu ikut serta dalam  kegiatan bersih- bersih di Kelenteng Welahan ini.

“Harapannya di tahun  Naga  (Imlek 2575) yang sebentar lagi tiba , saya dan keluarga  bisa mendapatkan perlindungan (selalu sehat) , kelancaran rezeki serta kebahagiaan,” ucapnya.  tri

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media