Tuesday, 05 March 2024

Search

Tuesday, 05 March 2024

Search

Jelang Imlek, TITD Low Lie Bio Semarang Adakan Tradisi Sang Sin dan  Bersih – bersih Kelenteng

Puluhan umat tri dharma mengikuti ritual Sang Sin di Kelenteng Low Lie Bio Semarang.

SEMARANG—Menjelang datangnya tahun baru Imlek 2575 yang jatuh pada Sabtu (10/2) nanti dan disebut sebagai Tahun Naga , TITD. Low Lie Bio ( Klenteng Kebun Jeruk) Jl.Roro Jonggrang Timur XIII/10 Semarang, Jawa Tengah  mengadakan tradisi Sang Sin atau ritual mengantar Dewa Naik. Ritual ini di laksanakan pada Sabtu (3/2) pukul 7.00 WIB.

Ritual Sang Sin yaitu ritual mengantar Toa Pek Kong atau Dewa Dapur naik menghadap Penguasa Langit atau Thian Kong untuk melaporkan mengenai baik atau buruknya manusia selama setahun kemarin.

Ritual ini di laksanakan mulai pukul 07.00 wIB dan diikuti oleh para pengurus Yayasan, para Locu serta puluhan umat yang hadir.

Usai ritual Sang Sin, para pengurus beserta umat langsung melaksanakan tradisi bersih bersih Kelenteng beserta Kimsin Dewa Dewi (Makco dan Kongconya) juga semua perabotan serta alat alat persembahyangan.

Suasana tradisi bersih – bersih Kimsin Dewa di Kelenteng Low Lie Bio Semarang.

Ketua Yayasan Kelenteng Kebun Jeruk Indra Satya Hadinata dampingi Sekretaris Yayasan Octaviany Samudra, menjelaskan bahwa sesuai tradisi seminggu sebelum Tahun Baru Imlek kami segenap pengurus Yayasan dan para Locu beserta umat mengadakan tradisi bersih bersih Kimsin (rupang dewa ) di Kelenteng Kebun Jeruk atau Low Lie Bio ini.

Indra menambahkan bahwa sebenarnya yang lebih penting daripada acara ini adalah tidak hanya membersihkan Kimsin Kimsin Dewa ataupun tempat ibadah saja, namun yang lebih penting dan juga perlu kita bersihkan adalah diri kita masing-masing dari hal-hal negatif dgn melakukan perbuatan-perbuatan  yang positif seperti  beramal maupun menolong sesama. tri

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media