Monday, 04 March 2024

Search

Monday, 04 March 2024

Search

Jelang Imlek, Pengurus Vihara Amurva Bumi Lakukan Prosesi Bersih – bersih Vihara

Petugas membersihkan area altar.

JAKARTA—Menjelang perayaan Imlek yang jatuh pada 22 Januari 2023, Vihara Amurva Bumi ( Hok Tek Tjeng Sin), di Jl. Prof. Dr. Satrio, Karet Semanggi, Jakarta Selatan melakukan ritual bersih – bersih Vihara.

Pembersihan tungku Hio gerbang Naga.
Pembersihan peralatan dalam vihara.

Vihara unik yang dikelilingi bangunan tinggi, memiliki keindahan bentuk arsitektur Tiongkok ini sudah ratusan tahun  dan didominasi lambang Naga sebagai Dewa Bumi dan mulai dipugar sejak tahun 1984.

Dan Gedung serta Rupang baru Dharmasala dan Altar Buddha Sakyamuni Vihara Amurva Bumi (Hok Tek Tjeng Sin), diresmikan 21 September 2002, oleh I Wayan Suarjaya, Dirjen Bimas Hindu dan Buddha.

Lie Kok Tie.

Ditemui di Lokasi Lie Kok Tie, salah satu umat menyampaikan bahwa ritual bersih – bersih merupakan tradisi untuk menyambut tamu dalam perayaan Imlek, dimana bakal ada ratusan hingga ribuan umat datang untuk berdoa baik menjelang maupun saat perayaan Imlek.

Tahun ini, merupakan tahun Kelinci Air yang diasumsikan merupakan lambang umur panjang, kedamaian dan kemakmuran serta diprediksi juga tahun harapan. bam

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media