Friday, 19 April 2024

Search

Friday, 19 April 2024

Search

Jelang Imlek, Kelenteng Cokro Surabaya Gelar Tradisi Sembahyang Mengantarkan Dewa – Dewi ke Nirwana

Pemberian sesembahan berupa makanan, minuman, manisan dan buah-buahan.

SURABAYA—Puluhan umat mengikuti sembahyang mengantar Dewa-dewi berangkat ke Nirwana, di Kelenteng Hong San Ko Tee atau biasa disebut Kelenteng Cokro Surabaya, Jumat (2/2).

        Erwina Tedjaseputra, salah satu pengurus Kelenteng Cokro mengatakan, kegiatan ini rutin digelar setiap tanggal 24 bulan 12, dalam penanggalan Imlek. 

Sembahyang pada Dewa Kong Co selaku tuan rumah.

        “Menurut kepercayaan kami, pada setiap penanggalan tersebut, para Dewa-Dewi berangkat ke Nirwana. Untuk melaporkan segala perbuatan manusia kepada Kaisar Langit. Berdasarkan laporan tersebut, Kaisar Langit akan menentukan keberuntungan umat manusia di bumi ini pada tahun selanjutnya,” jelasnya.

        “Oleh karena itu, ritual atau sembahyang pengantaran Dewa-Dewi ke Nirwana ini merupakan tradisi yang sangat penting bagi masyarakat Tionghoa, sebelum menyambut tahun baru Imlek. Salah satu tujuannya, agar para Dewa-Dewi melaporkan kebaikan umat manusia pada Kaisar Langit,” imbuhnya. 

        Erdina menambahkan, di Kelenteng Cokro, kegiatan dimulai dengan sembahyang pada Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian dilanjutkan sembahyang pada Dewa Kong Co, selaku tuan rumah. Lalu disusul sembahyang semua Dewa Dewi lainnya, yang latarnya ada di Kelenteng Cokro. 

Sembahyang pada semua altar Dewa yang ada di Kelenteng Cokro.
 

“Totalnya ada 10 altar Dewa-Dewi, termasuk pada altar Dewi Sri, atau Dewi Kesuburan dalam kepercayaan masyarakat Jawa. Sembari mempersembahkan makanan, minuman, manisan, serta buah-buahan yang manis”, tuturnya. 

        “Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan bersih-bersih atau mempercantik kelenteng. Dengan tujuan membersihkan hawa buruk atau ketidak beruntungan. Nanti setelah tahun baru Imlek, akan digelar sembahyang Penjemputan Dewa-Dewi, yang dilakukan pada tanggal 4 bulan 1 penanggalan Imlek,” pungkasnya. anto tze

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media