International Media

Jumat, 27 Mei 2022

Jumat, 27 Mei 2022

Jalan di Pamulang Tangsel Amblas Diterjang Banjir

Jalan di Puri Pamulang, Tangsel, amblas karena banjir.

TANGSEL- Dinas Sumber Daya Air Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Tangerang Selatan (Tangsel) membenahi saluran air di Perumahan Puri Pamulang yang amblas diterjang banjir. Saluran air yang membelah jalan kompleks itu amblas lantaran konstruksi yang dibangun bukan berfungsi sebagai jembatan, melainkan drainase.
Kepala DSDABMBK Tangsel, Robby mengatakan saat ini timnya sedang melakukan penanganan dengan konstruksi box culvert. Penanganan ini dimaksudkan agar konstruksi saluran air yang setiap hari dilintasi warga itu lebih kuat dan tahan lama.
“Perbaikan saluran sedang dilakukan dengan pembersihan puing-puing menggunakan alat berat. Penanganan perbaikan dengan menggunakan konstruksi box culvert dengan perkuatan fondasi di bawahnya. Perbaikan sedang kita lakukan. Harapannya, bisa segera selesai,” kata Robby dalam keterangannya, Kamis (5/5).
Robby mengatakan jalan ini memiliki konstruksi yang dibangun hanya untuk saluran air. Namun saluran itu membelah jalan yang jadi akses utama masyarakat yang setiap hari dilintasi.
“Itu bukan jembatan, tapi crossing saluran/drainase dan tidak ada railing-nya (bagian jembatan). Crossing saluran ini sudah ada dari dulu dan dibangun oleh pengembang Perumahan Puri Pamulang. Kemungkinan abutment gorong-gorong tergerus aliran air pada saat banjir,” tuturnya.
Saat ini, Robby mengaku lalu lintas di daerah tersebut masih berjalan normal. Pasalnya, di titik tersebut, sudah ada jembatan lain yang memang telah terbangun.
“Untuk konstruksi existing crossing saluran air itu panjangnya 3 meter, lebar 7 meter, dan lantai beton konvensional tebal 20 cm serta abutment pasangan batu. Konstruksi diubah dengan penanganan menggunakan box culvert,” ucapnya.
Ketua RW 009 Puri Pamulang, Syahrudin membenarkan amblasnya crossing saluran di RT 002 RW 009 Puri Pamulang yang dulu dibangun pengembang perumahan. Menurutnya, kejadian ini tidak mengganggu aktivitas warga.
“Alhamdulillah aktivitas warga masih tetap lancar. Saat ini sedang dilakukan perbaikan. Harapannya bisa segera cepat terselesaikan. Karena, selama dilakukan perbaikan, warga masih tetap bisa beraktivitas seperti biasanya dengan menggunakan jalan alternatif lain untuk bisa masuk ke Puri Pamulang, melalui Jalan Flamboyan dan Jalan Cendana,” jelasnya. ***

Prayan Purba

Komentar

Baca juga