International Media

Sabtu, 25 Juni 2022

Sabtu, 25 Juni 2022

Ivan Gunawan Kembali Diperiksa Bareskrim Terkait Kasus DNA Pro

Artis Ivan Gunawan mendatangi Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Jakarta, Rabu 22 Juni 2022,

JAKARTA – Artis Ivan Gunawan kembali mendatangi Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri untuk memberi keterangan tambahan terkait kasus penipuan via aplikasi robot trading DNA Pro Akademi.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri menjelaskan bahwa  pemeriksaan tambahan itu dilakukan dalam rangka melakukan pemenuhan kelengkapan berkas.

“Iya pemenuhan P19 jaksa,” kata Whisnu saat dikonfirmasi, Rabu (22/6).

Adapun berkas perkara terhadap 4 tersangka kasus DNA Pro sudah dilimpahkan oleh Bareskrim Polri ke pihak Kejaksaan Agung pada bulan Mei lalu. Namun, berkas perkara tersebut dikembalikan untuk dilengkapi (P19).

Secara terpisah, kuasa hukum Ivan, Sandy Arifin, menjelaskan bahwa kedatangan kliennya ke Bareskrim berkaitan dengan kasus DNA Pro. Kliennya diberikan sejumlah pertanyaan tambahan. Namun, ia tidak merincikan pertanyaan yang dimaksud.

Ivan Gunawan sebenarnya sudah diperiksa terkait DNA Pro pada Kamis (14/4) lalu. Saat diperiksa pertama kali, Ivan mengaku ia hanya brand ambassador dari DNA Pro. Usai pemeriksaan di Bareskrim Polri, Ivan Gunawan langsung mengembalikan uang yang diterimanya sebesar Rp 921,7 juta yang telah dipotong pajak.

Sejumlah artis sempat menerima aliran dana dari platform aplikasi tersebut. Hingga saat ini, setidaknya sudah ada sejumlah artis yang diperiksa, antara lain Ivan Gunawan, Sri Rossa Roslaina Handiyani alias Rossa, DJ Puteri Una Astari Thamrin atau DJ Una, Lesti Kejora, hingga Rizky Billar.

Dari hasil pemeriksaan, polisi menyita uang sejumlah artis yang diterimanya dari pihak DNA Pro Akademi. Tetapi, ada juga artis yang uangnya tidak disita setelah menjalani pemeriksaan.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Brigjen Whisnu Hermawan mengatakan, penyidik memiliki pertimbangan untuk menyita uang terkait kasus DNA Pro Akademi.

“Karena lihat mens reanya, lihat niat jahatnya, apakah profesional atau tidak, kalau dia ada kontraknya sesuai dengan kegiatan ya tidak kena (sita),” kata Whisnu saat dihubungi, Selasa (26/4). Hal ini menyebabkan ada sederet artis yang mengembalikan uang agar disita. Sementara, sisanya tidak. Dari jumlah artis yang diperiksa, Ivan Gunawan, Rizky Billar dan Lesti Kejora merupakan artis yang uangnya disita.***

Osmar Siahaan

Komentar

Baca juga