Wednesday, 08 February 2023

Wednesday, 08 February 2023

Irjen Suwondo Nainggolan Sebut DIY Aman dan Kondusif Selama Libur Nataru

DIY-Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengklaim perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di DIY berjalan aman dan kondusif. Tidak ada kejadian atau peristiwa yang menonjol dan mengganggu keamanan dan ketertiban amsyarakat (Kamtibmas).

“Alhamdulillah sampai saat ini untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru sampai malam tahun baru hingga liburan situasi aman terkendali,” kata Suwondo saat mengecek posko pemantauan wisatawan di Pantai Parangtritis, Kapanewon Kretek, Bantul, Minggu (1/1).

Tidak hanya mengecek posko, namun Kapolda juga melakukan pemantauan langsung dan menyapa sejumlah wisatawan yang sedang berlibur di bibir pantai. Suwondo mengatakan tidak ada peristiwa atau gangguan kamtibmas berarti baik selama perayaan Natal maupun malam pergantian tahun hingga masa liburan Tahun Baru 2023. Ada beberapa kejadian kecil seperti anak hilang, namun sudah ditemukan oleh anggota polisi dan dibawa ke Posko duluan sebelum orang tuanya melapor.

Kemudian ada juga wisatawan yang sakit kemudian dibawa ambulan ke rumah sakit. Selain itu juga ada sejumlah wisatawan sempat terseret arus laut di Pantai Parangtritis, namun berhasil diselamatkan oleh anggota Ditpolairud Polda DIY, TNI AL, hingga Satlinmas Wilayah III Parangtritis.

“Semua berkat Tuhan sehingga aman terkendali,” ucapnya.

Kunjungannya bersama sejumlah pejabat utama Polda DIY diakuinya juga untuk memantau langsung situasi objek wisata sekaligus memberi motivasi kepada semua anggota Polri yang bertugas menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan di kawasan Parangtritis.

Setelah perayaan malam Tahun Baru, biasanya masyarakat berlibur sehingga kawasan wisata dipastikan banjir wisatawan, termasuk Parangtritis. Sekedar diketahui Pantai Parangtritis merupakan salah satu destinasi wisata pantai andalan di Bantul, bahkan DIY.

Dinas Pariwisata Bantul mencatat pada malam pergantian Tahun Baru jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang dikelola Pemkab Bantul mencapai sekitar 102.000 orang. Dari jumlah tersebut 90% di antaranya mengunjungi Parangtritis.

Kasat Lantas Polres Bantul, Iptu Fikri Kurniawan mengatakan hingga Minggu (1/1) siang arus lalu lintas dari arah utara menuju kawasan wisata Parangtritis masih ramai lancar, belum ada kepadatan yang berarti. Jumlah kendaraan selama Minggu pagi hingga siang ada sekitar 10.000an.

Namun demikian jika Minggu sore terjadi kepadatan tidak menutup kemungkinan akan mengalhkan arus lalu lintas, khususnya arus balik dari Parangtritis menuju Pantai Depok sampai Jembatan Kretek II. “Kalau sore macet nanti kami alihkan arus menuju utara,” ucap Fikri.

Pantauan di lapangan Minggu siang hingga sore hari kawasan Pantai Parangtriis terlihat ramai. Banyak kendaraan dan juga bus-bus dari luar daerah. Arus lalu lintas dari arah utara terlihat cukup landai pada Minggu sore. Kepadatan kendaraan justeru terjadi pada arus balik dari pantai seperti di selatan TPR Induk Parangtritis.

Frans C. Gultom

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media