Monday, 24 June 2024

Search

Monday, 24 June 2024

Search

Ini Solusi Kurangi Risiko Ruam Popok Saat Musim Hujan

JAKARTA (IM)—Moms, tahukah jika di musim hujan, Si Kecil lebih sering buang air kecil?  Ternyata, total volume air dalam tubuh Si Kecil di tahun pertamanya sebanyak 65-80% dari berat badannya.

Cairan ini diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh dan secara normal cairan tubuh ini akan keluar melalui feses, keringat, pernapasan dan urin dalam jumlah tertentu. 

Pada musim hujan, jumlah cairan tubuh akan sedikit lebih banyak, karena umumnya jarang berkeringat akibat udara yang sejuk/dingin.

Kebiasaan buang air kecil pada musim hujan yang sering terjadi pada bayi disebut sebagai diuresis.

Kondisi diuresis terjadi karena ginjal terlalu banyak menyaring cairan dan memproduksi urin.

         Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), normalnya jumlah urine pada bayi newborn hingga usia 5 bulan adalah 60-450ml dengan frekuensi 20 kali dalam sehari. Jumlah ini bisa bertambah di musim hujan lho, Moms.

 “Frekuensi buang air kecil yang bertambah dapat berpotensi menyebabkan kebocoran pada popok Si Kecil sehingga kulitnya dapat terkontaminasi oleh fases dan urine. Perubahan pH kulit akibat kontak langsung dengan fases dan urine inilah yang dapat menyebabkan ruam popok,” kata dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak, Selasa (10/1).

Ada pun berbagai tips anti ruam popok saat musim hujan untuk Si Kecil, yaitu sering mengganti popok, gunakan popok dengan kualitas baik (popok dengan daya serap tinggi, anti gumpal dengan inti struktur SAP dan berbahan lembut dan tipis), bersihkan dengan air dan keringkan kulit bayi sebelum gunakan popok.

         CEO MAKUKU, Jason Lee menyampaikan, MAKUKU SAP Diapers Comfort memiliki teknologi tinggi dengan daya tampung lebih besar, yaitu 400ml dan anti gumpal.

MAKUKU SAP Diapers Comfort menggunakan inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer) dimana teknologi ini mampu menyerap lebih banyak cairan dan menguncinya sehingga mengurangi risiko ruam popok.

“Inti struktur SAP berbeda dengan bahan penyerap tradisional seperti pulp atau serat kayu untuk membuat kertas. Jika cairan ditambahkan ke partikel SAP, maka akan berubah menjadi gel dan cairan terkunci dalam gel tersebut serta menjaga permukaan kulit bayi tetap kering,” tambahnya.

         MAKUKU SAP Diapers Comfort hadir dalam tipe perekat (ukuran Newborn dan S) dan celana (ukuran M, L, XL, XXL) mulai dari Rp46.900 hingga Rp85.900. ***

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media