Ingin Diterima Jadi WNI, Dua WNA Serius Nyanyikan Lagu Indonesia Raya

WNA Australia dan Inggris, Troy Sinclair di kantor wilayah hukum dan HAM Bali.

DENPASAR (IM)- Dua warga negara asing (WNA) di Bali, terlihat  sangat serius  menyanyikan lagu Indonesia Raya di kantor Wilayah Hukum dan HAM Bali. Keduanya dapat menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia itu dengan baik.

Keduanya, Troy Sinclair yang memiliki dua kewarganegaraan Australia dan Inggris serta Marlon Gerber dari Swiss, saat ini tengah berusaha aar bisa diterima sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Mengenakan kemeja khas Bali endek warna biru, Sinclair mengambil sikap berdiri tegak. Dengan intonasi yang bersemangat, bule berkepala pelontos ini lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya. Meski lirik lagunya tak sempurna betul, namun dia berhasil menyanyikannya hingga akhir.

Sedangkan Gerber memilih bernyanyi sambil duduk di kursi. Bule yang mengenakan baju endek merah ini terlihat serius mengingat setiap lirik yang dinyanyikan sampai selesai.

Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Bali, Jamaruli Manihuruk yang menjadi ketua tim verifikasi mengatakan, lagu kebangsaan Indonesia Raya merupakan salah satu materi yang diberikan.

“Ada juga materi tentang kewarganegaraan,” katanya, Rabu (3/3).

Jamaruli menjelaskan, Sinclair telah berada di Indonesia sejak 2003/2004 dan saat ini tinggal di Desa Klumpu, Nusa Penida, Klungkung. Dia memiliki usaha di sektor pariwisata di Nusa Lembongan. Sedangkan Gerber mempunyai seorang ibu yang berasal dari Indonesia.

“Dia juga pernah sekolah di Bali hingga SMP,” ujar Jamaruli.

Saat dilakukan verifikasi, Sinclair dan Gerber bisa menjawab pertanyaan tentang kewarganegaraan dengan cukup baik. Selama di Indonesia, keduanya juga taat pajak dan tidak pernah melakukan tindakan kriminal. “Tim masih akan melakukan verifikasi lebih lanjut dan menunggu kelengkapan dokumen keduanya,” katanya.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp