International Media

Senin, 23 Mei 2022

Senin, 23 Mei 2022

Indonesia Sukses Lakukan Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi Covid-19

JAKARTA-Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyangkal prediksi Bloomberg soal 10 tahun waktu yang dibutuhkan Indonesia untuk memvaksin seluruh rakyat. Ini adalah pembuktian sekaligus kebanggaan bagi bangsa Indonesia.
“Kalau dulu, pertama kali di awal vaksinasi yaitu 13 Januari 2021 disampaikan oleh majalah terkemuka Internasional, Indonesia (diprediksi) butuh 10 tahun, sekarang dalam waktu 16 bulan kami sudah berhasil menyuntikkan 406 juta dosis vaksin ke seluruh masyarakat Indonesia,” kata Menkes Budi kepada wartawan.
Ya, Bloomberg pernah menyampaikan analisisnya soal ini dan langsung bikin geger media sosial. Prediksinya, negara yang paling cepat memvaksinasi tiga perempat populasinya adalah Israel dan Uni Emirat Arab. Keduanya diprediksi hanya butuh waktu 2 bulan saja.
Kemudian, di posisi ketiga ada Inggris yang menurut perhitungan Bloomberg membutuhkan waktu setengah tahun dan disusul Amerika Serikat yang butuh waktu hampir setahun saja.
Nah, Indonesia dengan jumlah dosis per hari 60,4 ribu, estimasi 75% populasinya lebih dari 10 tahun. Data ini yang coba dibantah oleh Menkes dalam pernyataannya tersebut.
Ia dengan tegas mengatakan bahwa untuk menyuntikkan 406 juta dosis, Indonesia butuh waktu 16 bulan saja. Jauh dari prediksi Bloomberg yaitu 10 tahun lamanya.
Data soal capaian vaksin Covid-19 ini pun disampaikan ke Presiden Joko Widodo. Itu menjadi bukti bahwa Indonesia benar-benar bergotong royong mengentaskan pandemi Covid-19 ini.
Secara lebih detail, data Kementerian Kesehatan mencatatkan bahwa sudah sebanyak 199.318.940 dosis pertama vaksin Covid-19 disuntikkan ke masyarakat. Lalu, untuk data dosis kedua sudah sebanyak 165.642.815 dosis.
Sementara itu, untuk vaksin dosis ketiga atau booster, pemerintah sudah menyuntikkan 41.008.596 dosis vaksin ke masyarakat. Total pastinya adalah 405.970.351. Ini merupakan data Kemenkes per 8 Mei 2022 pukul 18.00 WIB.
Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga memuji langkah pemerintah Indonesia untuk melaksanakan program vaksinasi virus corona nasional secara masif.
Immunization Officer WHO Indonesia, Olivi Silalahi mengatakan, Indonesia menjadi salah satu negara dengan program vaksinasi sukses.
Menurut dia, hal itu tidak terlepas karena komitmen Presiden Joko Widodo yang melaksanakan secara maksimal bersama Kementerian Kesehatan RI sebagai upaya mengakhiri pandemi Covid-19 di dalam negeri.
“Urutan ke-2 negara yang terbanyak penduduknya yang sudah mendapat vaksinasi Covid-19. Untuk negara yang belum bisa memproduksi vaksin sendiri, Indonesia sudah termasuk advance dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19. Tantangannya menjangkau kelompok-kelompok rentan,” kata Olivi dalam keterangan tertulisnya belum lama ini.***

Frans Gultom

Komentar

Baca juga