International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

Imbas Gagal Ginjal Akut, Omzet Obat Sirup di Pasar Pramuka Anjlok 95%

Suasana Pasar Pramuka.

JAKARTA- Para pedagang farmasi di Pasar Pramuka sudah tidak lagi menjual 5 obat sirup yang dirilis oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Obat sirup itu diduga mengandung cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG).
Namun para pedagang di Pasar Pramuka masih menjual beberapa obat sirup di luar 5 obat tersebut. Akan tetapi obat-obat berjenis sirup itu tidak laku terjual sama sekali.
“Kalau selain dari 5 itu, masih ada kita jual lah. Kita kan berpatokannya BPOM. Kalau sampai kemarin si nggak ada yang beli ya,” kata Ketua Harian Himpunan Pedagang Farmasi Pasar Pramuka, Yoyon saat dihubungi, Minggu (23/10).
Yoyon mengaku penjualan dari obat sirup bagi pedagang di Pasar Pramuka sudah anjlok hingga 95%. Penurunan itu terjadi sejak ada kabar maraknya anak kecil terkena penyakit gagal ginjal akut yang diduga akibat obat sirup.
“Anjloknya sudah sampai 95%. Tapi kalau kita sih nggak ada masalah, tinggal kita kembalikan ke produsen. Tapi penjualan kita pasti turun dan kita nggak dapat keuntungan,” terangnya.
Oleh karena itu Yoyon yang mewakili para pedagang farmasi di Pasar Pramuka berharap adanya kejelasan dari pemerintah. Diharapkan Kementerian Kesehatan dan BPOM berkoordinasi dengan baik dalam mengumumkan mana-mana saja obat sirup yang diduga tercemar EG dan DEG.
“Maka itu kita pedagang di sini meminta kejelasan dari pemerintah, terutama dari Menteri Kesehatan. Ini yang mengumumkan ini Menkes atau BPOM, biar nggak rancu,” tutupnya.
Sekadar informasi berikut daftar Obat Sirup Terkontaminasi EG di Atas Ambang Aman sesuai data BPOM:
1. Termorex Sirup (obat demam). Produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.
2. Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu). Produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.
3. Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu). Produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DTL7226303037A1, kemasan Dus, Botol Plastik @ 60 ml.
4. Unibebi Demam Sirup (obat demam). Produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan Dus, Botol @ 60 ml.
5. Unibebi Demam Drops (obat demam). Produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan Dus, Botol @ 15 ml. ***

Prayan Purba

Komentar