Friday, 19 April 2024

Search

Friday, 19 April 2024

Search

HUT Satpam ke-42, Kapolda DIY Berikan Penghargaan kepada Satpam Berprestasi

YOGYAKARTA-Polda DIY menggelar upacara memperingati HUT Satpam ke-42 di halaman Mapolda DIY, Senin (30/1). 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan yang mengusung tema “Sinergitas Satpam dan Polri, Peduli untuk Sesama”. 

Upacara ini merupakan puncak peringatan HUT ke-42 Satpam dimana sebelumnya telah dilakukan beberapa rangkaian kegiatan seperti tabur bunga, pemutaran film edukasi penyalahgunaan narkoba di bioskop seluruh Indonesia, lomba gerak jalan, bhakti sosial dan berbagai kegiatan lainnya. 

Membacakan amanat dari Kapolri Kapolda DIY mengatakan bahwa pada kesempatan ini sebagai pimpinan Polri turut mengucapkan Selamat HUT Satpam yang ke-42 kepada seluruh anggota satuan pengamanan dimanapun bertugas. 

“Semoga rekan-rekan Satpam dalam mengemban fungsi Kepolisian terbatas dan tentunya kehadirannya, betul-betul dirasakan oleh masyarakat. Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota satpam serta segenap stakeholder terkait atas kerja keras dan pengertiannya dalam memelihara stabilitas Kamtibmas sehingga selalu terjaga dan tetap kondusif,” ujar Suwondo. 

Kapolda menuturkan kehadiran satpam sebagai salah satu bentuk PAM Swakarsa telah diatur oleh pasal 3 ayat 1 huruf C UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh Kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan Swakarsa. 

“Dalam melaksanakan tugasnya, rekan rekan Satpam dituntut untuk memenuhi kebutuhan rasa aman meningkatkan kesadaran masyarakat serta mengemban fungsi Kepolisian terbatas di lingkungan kerjanya masing-masing. Satpam diharapkan dapat mendeteksi potensi kejahatan dini serta dapat melakukan fungsi pencegahan (kejahatan),” tutur Suwondo. 

“Saya berharap rekan-rekan Satpam, agar terus mendukung tugas pokok Polri dalam melindungi seluruh masyarakat dari segala ancaman dan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya sebagaiman makna perisai pada logo Satpam,” tutur Suwondo. 

Usai upacara Kapolda DIY dengan didampingi Wakapolda DIY dan para pejabat utama Polda DIY menyerahkan sejumlah penghargaan kepada Satpam maupun instansi yang menaungi Satpam. 

Adapun penghargaan kepada Satpam berprestasi diberikan kepada Satpam yang telah melakukan tugas dengan baik diantaranya Agus Triyono bertugas di BPPTKG Yogyakarta, Tri Yuliyanto, Arif Purnomo, dan Noor Ikhsan, bertugas sebagai satpam Amplaz Ambarukmo dan Didik bertugas sebagai satpam Bank BPR Temon. 

Selanjutnya pemenang lomba pengguna satpam yakni: 

1. Juara 1 PT. Bank Kulon Progo binaan Polres Kulon Progo;

2. Juara 2 PT. SGI binaan Polresta Sleman;

3. Juara 3 PT Madu Baru Binaan Polres Bantul;

4. Juara 4 PT SGM binaan Polresta Yogyakarta;

5. Juara 5 Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul binaan Polres Gunungkidul.

Frans C. Gultom

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media