Wednesday, 08 February 2023

Wednesday, 08 February 2023

Heru Pastikan Tak Ada Pungli Uji Kir Kendaraan di Jakarta

Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono ketika melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng di Cakung, Jakarta Timur, Senin (26/12).

JAKARTA- Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono memastikan tidak ada pungutan liar (pungli) uji kir kendaraan bermotor saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng di Cakung, Jakarta Timur.
“Transaksinya kan satu mobil satu orang, terus petugas juga tidak komunikasi,” kata Heru di Cakung, Jakarta Timur, Senin (26/12).
Ia menjelaskan pengemudi yang melakukan uji kir kendaraannya tidak turun dari mobilnya sehingga tidak ada saling komunikasi antara petugas dan masyarakat.
Adapun rata-rata per hari, unit pemeriksaan kendaraan bermotor tersebut melayani sekitar 300-350 kendaraan bermotor melakukan pemeriksaan.
Dari jumlah itu, lanjut dia, rata-rata sekitar 10 kendaraan yang tidak lulus dalam uji kir di antaranya menyangkut rem yang kurang optimal.
“Yang tidak lulus, mereka diberikan kesempatan satu kali dalam kurun waktu 30 hari,” katanya.
Dalam sidak tersebut, Heru juga meminta agar kamera pengawas atau CCTV ditambah di unit pemeriksaan kendaraan tersebut.
Namun, ia tidak menyebutkan kebutuhan CCTV yang perlu ditambah lagi untuk memastikan pengawasan yang terhubung langsung dengan ruang pimpinan unit kir tersebut.
Dalam sidak tersebut, Heru mengaku tidak memberitahu bawahannya baik Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo maupun Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar.
“Saya tadi bilang ke Cakung, mereka tahunya baru belok ke sini (uji kir) dan saya ingin memastikan layanan di sini berjalan baik sebagaimana ISO yang telah diberikan,” kata Heru. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media