Tuesday, 05 March 2024

Search

Tuesday, 05 March 2024

Search

Heru Ajak Jajaran Hijaukan Ruang Publik di Jakarta

Penjabat Gubernur DKI, Heru Budi Hartono

JAKARTA- Penjabat Gubernur DKI, Heru Budi Hartono memerintahkan jajarannya untuk menghijaukan lahan aset milik daerah dan ruang terbuka publik dengan menanam 2.700 tanaman berbagai jenis pohon. Langkah itu untuk menambah keasrian Jakarta.

“Pemda DKI menanam 2.700 pohon di berbagai lokasi dan berbagai jenis tanaman,” kata Heru di Cempaka Putih, Jakarta Pusat (Jakpus), Jumat (27/1).

Heru menjelaskan, penghijauan tidak hanya dilakukan di lahan atau gedung yang menjadi aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, tetapi juga dilakukan di lokasi tertentu per satu kelurahan. Misalnya, di ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) dan taman baru hasil penataan kawasan.

“Kemarin sudah ada 256 lokasi, plus RPTRA yang kami tetap rawat dan taman-taman yang lain. Di Jakarta Pusat ada 104 taman, ditambah satu hari ini, jadi 105 taman,” katanya.

Kalau satu bulan satu lokasi di satu kelurahan, sambung Heru, ada 256 lokasi taman akan bertambah lagi. Salah satu gedung milik pemerintah yang dihijaukan adalah Laboratorium Balai Tekstil Jakarta di Cempaka Putih, Jakpus.

Di lahan terbuka hijau seluas 761 meter persegi (m2) tersebut, ditanam 525 pohon yang terdiri dari 500 cabai rawit, 15 pohon cempaka putih dan 10 pohon ketapang kencana. Sedangkan ribuan pohon yang ditanam di aset milik pemerintah dan ruang terbuka.

Di antaranya, mangga, belimbing, jambu air, jambu bol, jambu jamaika, buni, bisbol dan jeruk. Untuk pohon pelindung yang ditanam di antaranya yangtabebuya dan trembesi.

Sebelumnya, Heru juga membagikan sekitar 10 ribu tanaman pangan yang disebar kelima wilayah administrasi DKI Jakarta. Penghijauan juga dilakukan di sepanjang aliran Sungai Kalimalang di bawah Tol Bekasi-Cawang Kampung Melayu (Becakayu). Kegiatan itu untuk menjaga kualitas mutu air baku Jakarta. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media