Heboh Ritual Bugil di Pandeglang, Pengikut ‘Hakekok’ akan Dipesantrenkan

Pengikut ritual bugil kelompok 'Hakekok' Pandeglang yang diamankan polisi beberapa waktu lalu.

PANDEGLANG- Polisi akan membina pengikut ritual bugil kelompok ‘Hakekok Balakasuta’ Pandeglang, Banten. Salah satunya dengan memasukkan kelompok ini ke pesantren khusus yang disiapkan untuk meredam keyakinan mereka yang sudah sangat jauh menyimpang.

“Kita pertama komunikasi dulu dengan pemda. Dari 16 orang itu, mereka nanti akan dipesantrenkan biar sadar. Nanti, tempatnya pemda yang nyiapin melalui Dinsos,” kata Wakapolres Pandeglang, Kompol Riky Crisma Wardana, Sabtu (13/3).

Setelah masuk pesantren, polisi menyiapkan pemuka agama yang khusus bisa membimbing kelompok ini keluar dari keyakinannya yang menyimpang. Tempat ini pun akan dijaga selama 24 jam, termasuk membatasi para awak media supaya semua pemberiannya tetap kondusif.

“Mereka nanti kita lakukan trauma healing, supaya tidak ada lagi pemikiran tersebut. Ke belakang itu bener-bener bisa hilang, supaya mereka sadar bahwa ini tuh udah menyimpang,” ujarnya.

“Tempatnya juga nanti akan dijaga ketat. Intinya supaya jangan terjadi apa-apa, jadi komunikasinya kita buat satu pintu. Kita enggak mau informasi yang nyebar di masyarakat itu malah memicu hal yang tidak diinginkan, harus terarah” tutur Riky.

Setelah program pembinaan ini sukses, polisi bakal menyerahkan pengikut kelompok ‘Hakekok’ itu ke Pemda Pandeglang. Mereka nantinya dikembalikan ke lingkungan masyarakat dengan syarat mau kembali ke jalan yang benar sesuai syariat Islam.

“Sebelum kembali ke masyarakat, kita mau bikin testimoni dari masing-masing individu. Itu untuk memastikan mereka benar-benar udah sadar saat kembali lagi ke masyarakat,” ujar Riky. ***

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp