Heboh, Kereta Api dengan 64 Penumpang Jalan Mundur di India

Heboh, kereta api tiba-tiba jalan mundur di India.

Otoritas perkeretaapian India  tengah menyelidiki kasus kereta api yang mengangkut dengan 64 penumpang jalan mundur. Kejadian aneh itu terjadi di Negara Bagian Uttarakhand pada Rabu (17/3) waktu setempat. Menurut petugas, kereta tujuan Tanakpur mulai bergerak ke arah berlawanan sebelum mencapai tujuannya.

“Itu terjadi setelah kereta Purnagiri Janshatabdi tiba-tiba mulai bergerak mundur di rel kereta api sejauh beberapa kilometer. Kereta itu dalam perjalanan ke Tanakpur di Uttarakhand dari Delhi,” kata seorang pejabat kereta api India, sebagaimana dikutip dari Sputnik, Kamis (18/3). Untung tidak terjadi kecelakaan dalam kejadian itu.

Penyelidikan diperintahkan setelah video insiden itu menjadi viral di media sosial. Pejabat kereta api telah mengonfirmasi bahwa ada penumpang di kereta tersebut ketika insiden itu terjadi.

Pejabat itu mengatakan penyelidikan awal mengungkapkan bahwa seekor sapi mati tertabrak kereta di dekat sinyal rumah yang mengontrol lalu lintas masuk ke bagian langsung dari jalur di Tanakpur.Setelah itu, kereta dihentikan. Tapi tiba-tiba kereta itu mulai bergerak menuju Pilibhit (Uttar Pradesh) karena kemiringan dan upaya pengemudi untuk menghentikan kereta itu sia-sia, pejabat itu menambahkan.

“Telah diketahui bahwa rem kereta telah gagal karena kebocoran di pipa tekanan. Pilot dan penjaga loko telah ditangguhkan. Kereta itu akhirnya dihentikan di dekat daerah Khatima di Distrik Udham Singh Nagar negara bagian dengan memasang tanah dan agregat di trek,” katanya.

Tak satu pun penumpang terluka dalam insiden tersebut. Mereka kemudian dikirim ke Tanakpur dengan bus lokal yang dikelola pemerintah.

“Kerusakan di kereta sedang diperbaiki sementara sebuah komite yang terdiri dari tiga perwira senior telah dibentuk untuk memastikan penyebab insiden tersebut. Tindakan akan diambil terhadap mereka yang bertanggung jawab,” tambah pejabat itu.

Menurut pejabat dari Perkeretaapian India, kecelakaan kereta api adalah penyebab utama keprihatinan di negara itu. Sekitar 30.000 orang kehilangan nyawa karena insiden masuk tanpa izin dan tidak diinginkan di jalur kereta api dalam tiga tahun terakhir.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp