Harga Cabai di Bogor Meroket, Rp 10.000 Hanya Dapat 12 Buah

Pedagang cabai saat menggelar dagangannyadi Pasar Anyar, Selasa (9/3).

BOGOR (IM)-  Harga cabai rawit di pasar tradisional Anyar, Kota Bogor mencapai Rp 120.000 per kilogram. Harga cabai naik sejak sepekan terakhir. Untuk harga beli senilai Rp 10.000, pembeli hanya mendapatkan 12 buah cabai rawit.

Pantauan  di Pasar Anyar, Selasa (9/3), harga cabai rawit merah rata-rata harga di atas Rp 100.000 per kilogramnya.

Pedagang sayuran Nanang (34) menuturkan, harga untuk cabai rawit merah kualitas yang baik sebesar Rp 120.000 per kilogram. Sementara, untuk cabai kualitas rendah, ia menjual dengan harga Rp 100.000 per kilogram.

“Biasanya kualitas baik untuk masakan olahan. Kalau yang kualitas rendah, dipakai untuk dihancurkan bahan sambal,” paparnya.

Kata dia, harga cabai memang sudah naik selama satu pekan terakhir. Para pedagang biasanya mendapat dari pengepul di daerah Cianjur dan Cimahi.

“Stok pasokannya kurang, alesannya kerena cuaca sehingga cabai dan otomatis harga cabai naik,” paparnya.

Pedagang lain, Anwar menambahkan, harga yang naik cukup signifikan cabai rawit merah dari semula Rp 80.000 per kilogram pada akhir Februari. Sementara untuk harga cabai merah kriting hanya naik kisaran Rp 5000 dari harga semula Rp 60.000 per kilogram.

Naiknya harga cabai bukan hanya dikeluhkan pedagang lantaran pembeli otomatis sepi, tetapi juga dirasakan pembeli.

“Jual cabai sekarang susah, jangankan penjual pembeli aja susah. Pembeli sekarang Rp 10.000 hanya dapat 12 buah,” keluh Anwar.

Ia pun berharap, harga cabai berangsur membaik, khususnya menjelang awal Ramadan nanti. Dengan begitu, gairah penjual sayuran di pasar tradiosional kembali membaik. gio

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp