International Media

Sabtu, 21 Mei 2022

Sabtu, 21 Mei 2022

H+3 Lebaran, 38.000 Orang Kembali ke DKI dan Sekitarnya Menggunakan Kereta Api

Ilustrasi

JAKARTA – Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, kedatangan arus balik penumpang kereta api jarak jauh di stasiun area Daop 1 Jakarta mulai mengalami peningkatan pada Kamis (5/5).

“Untuk penumpang dari daerah lain tujuan Daop 1 Jakarta saat ini sudah mulai terdapat peningkatan,” ujar Eva dalam keterangannya, Kamis (5/5).

Eva mengungkapkan, secara keseluruhan sekitar 38.400 orang akan turun pada sejumlah stasiun di bawah area Daop 1 Jakarta.

“Secara total untuk hari ini terdapat 38.400 penumpang yang turun,” katanya.

Adapun stasiun pada area Daop 1 Jakarta, di antaranya Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Lebih lanjut, Eva mengungkapkan, para penumpang yang akan turun tersebut akan diperiksa protokol kesehatan dan perlengkapan kesehatannya di stasiun keberangkatan.

“Sehingga pada saat turun, sehingga kami akan melakukan pengaturan melalui berbagai petugas pelayanan yang ada di stasiun agar tidak terjadi penumpukan atau berkerumun di area stasiun,” ucap Eva.

Sementara itu, hari keempat sesudah Lebaran 2022, jumlah penumpang kereta api jarak jauh di seluruh stasiun area Daop 1 Jakarta masih cukup tinggi. Per hari ini, keberangkatan penumpang dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen sebanyak 28.700 orang.

“Di Stasiun Gambir terdekat 36 kereta api (KA) beroperasi, dari jumlah tersebut 8 di antaranya merupakan KA tambahan,” kata Eva.

Adapun volume penumpang yang berangkat sebanyak 10.100 atau 58 persen dari tempat duduk secara keseluruhan yakni 17.600. Kemudian, di Stasiun Pasar Senen, kata Eva, terdapat 29 KA yang beroperasi dan 3 di antaranya merupakan KA tambahan.

“Volume penumpang berangkat sebanyak 15.500 atau 73 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 21.300,” ucap Eva.

Mudik Masih Tinggi

Eva Chairunisa sebelumnya mengatakan, peningkatan pemudik pascalebaran masih terjadi Rabu (4/5) atau H+2 Lebaran.

“Peningkatan penumpang pasca hari Lebaran juga masih terlihat untuk keberangkatan pada 4 Mei 2022, di mana terdapat 35.000 penumpang berangkat dari area Daop 1 Jakarta,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (4/5).

Karena itu, ia mengimbau calon penumpang yang ingin mudik dan baru akan memesan tiket agar dapat memilih tanggal alternatif yang masih berdekatan dengan momen lebaran seperti tanggal 5-7 Mei 2022.

Tiket pada tanggal tersebut masih cukup tersedia meskipun jumlah pemesanannya terus meningkat. Eva menjelaskan, pada Rabu (4/5), tercatat ada 36 kereta api yang beroperasi dari Stasiun Gambir, Jakarta. Dari jumlah tersebut, di antaranya terdapat 8 kereta api tambahan. “Adapun volume penumpang berangkat sebanyak 13.500 atau 76 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 17.600,” ungkap Eva.***

Osmar Siahaan

Komentar

Baca juga