International Media

Minggu, 22 Mei 2022

Minggu, 22 Mei 2022

H-4 Lebaran, Kemacetan Lalin Sudah Terjadi di Sejumlah Tol

Rest area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek ditutup. (Instagram @pjrtolcikampek).

JAKARTA – Kemacetan sepanjang sekira 4 km terjadi di Tol  Jakarta – Merak pada Kamis (28/4). Kemacetan berawal di KM 26 dan berlanjut hingga Gerbang Tol Cikupa.

Antrean panjang kendaraan itu didominasi oleh kendaraan pribadi dan truk logistik. Sejumlah kendaraan pribadi nampak membawa bagasi yang diletakkan di atap mobil. Bagasi darurat tersebut, mayoritas ditutup dengan terpal warna biru.

Untuk transportasi umum berupa bus, masih jarang terlihat pada siang hari ini.

Di tengah kemacetan Tol Jakarta-Merak juga nampak pedagang asongan. Mereka menawarkan dagangannya, yakni minuman dingin dan makanan ringan dari kendaraan ke kendaraan lainnya.

Makanan ringan yang mereka tawarkan berupa tahu sumedang dan telur asin.

Sebagai informasi, setelah melewati Gerbang Tol Cikupa, lalu lintas kembali ramai lancar.

Rekayasa lalu lintas di  jalan di tol layang Mohammed bin Zayed (MBZ) terpaksa dilakukan  menyusul kemacetan terjadi di KM 39 Cikarang Pusat hingga KM 58 Karawang arah Cikampek.

“Cikarang Pusat KM 39 – Karawang Timur KM 58 PADAT, kepadatan lajur pertemuan Jalur Atas KM 48 dan di lajur masuk / keluar Tempat Istirahat KM 57. Dawuan KM 63 – Cikopo KM 73 PADAT, kepadatan arah Palimanan,” tulis akun Twitter PT Jasa Marga, Kamis (28/04).

Sehingga untuk mengurai kepadatan kendaraan, pihak kepolisian memberlakukan rekayasa jalan, sistem buka tutup sementara.

“Jalan Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) arah Cikampek, diberlakukan sistem buka tutup sementara oleh Pihak Kepolisian Wilayah,” tambah PT Jasa Marga.

Sistem buka tutup bersifat situasional, telah terjadi sejak pukul 07.58 WIB.

Sementara itu, terpantau pada Kamis siang, kendaraan sudah mulai memadati ruas tol Jakarta-Cikampek.

Menurut informasi dari Jasa Marga pada Kamis (28/4)  sudah lebih dari 13 ribu kendaraan yang melintas jalur tol Cikampek. Diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada hari ini, hingga Jumat, 29 April 2022.O-mar

Rest Area Ditutup

Rest area Tol Jakarta-Cikampek KM 57 ditutup untuk sementara akibat dipenuhi pemudik yang beristirahat.

“Pintu masuk rest area KM 57 sementara ditutup,” ucap petugas yang melaporkan, Kamis (28/4).

Dikutip dari instagram resmi Patroli Jalan Raya Tol Jakarta-Cikampek, kendati kondisi rest area KM 57 dipenuhi kendaraan, situasi arus lalu lintas tetap kondusif.

“Rest area KM 57, lalu lintasnya cukup bagus, jam 03.40 WIB,” kata petugas.

Berdasarkan video laporan kepolisian, terlihat ruas jalan tol didominasi kendaraan pribadi dan kendaraan berat seperti truk.

Sebagai informasi, sejak tadi malam ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek mengalami kenaikan jumlah kendaraan. Pihak kepolisian juga telah melakukan sistem contraflow untuk mengurai kepadatan tersebut.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, menyebut Tol Cikampek mengalami kenaikan jumlah kendaraan hingga dua kali lipat dari hari biasanya. “Arus yang meningkat signifikan adalah yang mengarah ke Cikampek dari rata-rata harian sekitar 28 ribu kemarin tercatat 56 ribu meningkat cukup drastis,” ujar Sambodo, Rabu (27/4) kemarin.***

Osmar Siahaan

Komentar

Baca juga