International Media

Senin, 23 Mei 2022

Senin, 23 Mei 2022

H-3 Lebaran, Lalin Jalur Puncak Masih Terpantau Normal

Suasana lalin kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jumat (29/4).

BOGOR- Pada H-3 menjelang Lebaran, arus lalu lintas di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor terpantau masih normal. Belum terlihat adanya peningkatan volume kendaraan yang signifikan di jalur tersebut.

“Situasi arus di Puncak saat ini masih normal. Memang ada peningkatan, namun tidak begitu signifikan. Kemudian memang ada hambatan di Jalur Puncak,” kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana kepada wartawan, Jumat (29/4).

Titik hambatan yang terjadi yakni di sekitar Pasar Cisarua. Karena banyak aktivitas masyarakat di kawasan tersebut sehingga membuat antrean.

“Pasar Cisarua mengingat itu merupakan akses utama masyarakat lokal maupun yang menginap di sekitar Jalur Puncak untuk berbelanja. Hambatan kita di Pasar Cisarua terlihat ada kepadatan. Untuk itu kami menambah personel di lokasi,” jelasnya.

Untuk arus pemudik, lanjut Ketut, mayoritas yang melewati Jalur Puncak yakni motor dengan jarak dekat. Karena, Jalur Puncak bukan jalur utama pemudik tetapi lebih kepada jalur wisata.

“Kita ini kan lebih banyak jalur wisata ya, ada yang mudik tapi tidak terlalu banyak. Pemudik didominasi roda dua. Itu subuh sampai dengan pagi hari tadi sekitar jam 7, saat ini sudah tidak ada lagi. Nanti malam kemungkinan setelah buka itu ada lagi. Kita mengantisipasi subuh dan malam,” ungkapnya.

Di samping itu, untuk rekayasa lalu lintas seperti sistem one way akan diberlakukan secara situasional tergantung kondisi lalu lintas di lapangan. Namun, untuk tetap ganjil genap diberlakukan akhir pekan. “Ganjil genap itu kan sesuai Permenhub Nomor 84. Jadi Jumat-Minggu dan tanggal merah kita laksanakan. Kalau untuk one way masih situasional, melihat arus ramainya yang mana,” pungkas Ketut. ***

Prayan Purba

Komentar