Gunung Sinabung 2 Kali Erupsi, Tinggi Kolom Capai 700 Meter

aktivitas Gunung Sinabung terus meningkat. Pada Rabu (10/3), gunung Sinabung 2 kali erupsi.

KABANJAHE- Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), masih menunjukkan aktivitas vulkanisnya. Petugas pos pemantau Gunung Sinabung, Armen Putra mengatakan gunung api tertinggi di Sumut itu kembali mengalami erupsi. Erupsi Sinabung pada Rabu (10/3) terjadi dua kali, sekitar pukul 11.00 WIB dan 11.48 WIB.

“Untuk Sinabung sampai saat ini masih terjadi guguran-guguran lava dan teramati tadi letusan dua kali dengan tinggi kolom 500 hingga 700 meter,” kata Armen, Rabu (10/3).

Lanjut Armen, erupsi Gunung Sinabung itu juga disertai dengan terjadinya awan panas guguran yang jarak luncurnya teramati sejauh 500 sampai 1.000 meter. “Arah angin masih mengarah ke arah barat dan barat daya,” ucapnya.

Sedangkan kondisi dari puncak gunung dengan ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut tersebut masih tertutup kabut. “Jadi puncaknya tidak kelihatan dengan jelas,” sebut Armen.

Saat ini Gunung Sinabung masih berstatus siaga atau level tiga. Masyarakat pun diminta untuk tidak memasuki zona-zona merah dari Gunung Sinabung yang telah ditetapkan.

“Potensi Gunung Sinabung masih sangat tinggi untuk erupsi dan awan panas jadi diimbau jangan memasuki zona merah yang telah ditetapkan,” ungkap Armen. ***

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp