International Media

Kamis, 19 Mei 2022

Kamis, 19 Mei 2022

Gelar Media Meeting, Dubes Lu Kang Puji Hubungan Tiongkok – Indonesia yang Makin Erat

Dubes Lu Kang dan staf dalam media meeting.

JAKARTA–Dubes Tiongkok untuk Indonesia Lu Kang, Kamis (31/3) lalu menyelenggarakan media meeting.

Lebih dari 20 stasiun televisi Indonesia, surat kabar dan majalah, situs berita, kantor berita, media bahasa Mandarin dan media Tiongkok berpartisipasi dalam acara tersebut.

Dubes Lu Kang memuji perkembangan hubungan Tiongkok-Indonesia. Dia mengatakan Tiongkok dan Indonesia adalah negara penting Asia, negara berkembang yang penting serta negara ekonomi baru yang penting.

Kedua negara memiliki banyak kepentingan bersama. Juga memiliki klaim yang sama dalam urusan internasional dan regional.

Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan tingkat tinggi kedua belah pihak berlangsung erat, kerja sama ekonomi perdagangan terus mendalam dan kerjasama anti epidemi membuat kemajuan yang baik. Interaksi humaniora memiliki potensi besar.

Dubes Lu Kang menekankan landasan penting bagi kemajuan positif yang berkelanjutan dari hubungan Tiongkok-Indonesia adalah saling menghormati antara kedua negara, saling memperlakukan satu sama lain secara setara di bidang politik, saling menguntungkan di bidang ekonomi dan saling belajar di bidang budaya.

Menurutnya hubungan Tiongkok-Indonesia tidak hanya memiliki sejarah perkembangan yang baik, namun juga memiliki prospek perkembangan yang luas.

Pada kesempatan tersebut, Dubes Lu Kang menjawab pertanyaan wartawan tentang kerjasama ekonomi perdagangan Tiongkok-Indonesia, KTT G20, konflik Rusia-Ukraina, Laut China Selatan dan berbagai isu internasional dan regional lainnya. idn/din

Sukris Priatmo

Komentar