Gegara Panen Madu, 2 Hektar Lahan Terbakar di Bengkalis

Kebakaranlahan (ilustrasi)

PEKANBARU –  Gara-gara ulah seorang pria pemanen madu, 2 hektar lahan melik satu perusahaan di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau, terbakar. Kini pria berinisial S alias Turi diamankan polisi.

“Lokasi kebakaran berada di perbatasan PT Priatama dengan PT SRL (Sumatera Riang Lestari),” kata Kapolres Bengkalis, AKBP Hendra Gunawan, Rabu (24/2).

Tersangka diamankan setelah polisi memeriksa sejumlah saksi dari perusahaan PT Prima. Beberapa saksi mengaku melihat tersangka pada 19 Februari lalu masuk ke dalam lahan kosong.

Tidak lama kemudian, S menuju arah pulang sambil membawa madu. Namun di kejauhan saksi melihat ada gumpalan asap yang bersumber dari kebakaran lahan. Petugas pemadaman kebakaran pun datang ke lokasi.

Saat diperiksa penyidik, tersangka  S mengaku kalau saat itu dia mau mengambil madu di atas sebuah pohon akasia. Untuk mengusir lebahnya, ia mengumpulkan ranting dan membakar dari bawah pohon. Lebah pun pergi.

Setelah mengambil madu, tersangka meninggalkan begitu saja lokasi tanpa memeriksa lagi apakah api sudah benar-benar padam.

“Tersangka tidak efektif untuk mematikan kayu yang ditumpukan sehingga menyebabkan lahan tersebut terbakar. Tersangka tidak ada melakukan untuk memadamkan lahan yang mengakibat lahan seluas 2 hektar terbakar,” tandasnya. Kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau kembali muncul. Riau sudah menetapkan status Siaga Darurat Karhutla. Kebakaran paling banyak terdeteksi di Kabupaten Pelalawan, Bengkalis, Meranti, Kota Dumai.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp