International Media

Selasa, 4 Oktober 2022

Selasa, 4 Oktober 2022

Ganjil Genap Diterapkan di Kawasan Wisata Anyar-Cinangka, Wisatawan Wajib Vaksin

SERANG- Pemkab Serang bersama kepolisian bakal menerapkan sistem kendaraan ganjil genap di kawasan wisata Anyar-Cinangka paska Idul Fitri.

Kebijakan itu guna mengurai kepadatan lalu lintas dan kerumunan wisatawan saat libur Idul Fitri.

Hal itu terungkap pada rapat koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Pendopo Bupati Serang, Kamis (21/4).

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, dalam rapat itu ada beberapa kebijakan yang diambil dalam rangka pengamanan mudik dan libur Idul Fitri.

Beberapa kebijakan itu ditetapkan khusus untuk kawasan pariwisata. Kata dia, pihak kepolisian akan memberlakukan ganjil genap di kawasan wisata Anyar-Cinangka.

“Paska Lebaran semua jalur menuju Anyar-Cinangka pasti macet, kami akan berlakukan ganjil genap untuk mengatur kendaraan yang masuk,” katanya.

Ia mengatakan, sistem ganjil genap dilakukan tidak usah menunggu arus lalu lintas padat.

“Tidak usah menunggu padat, karena kalau liburan pasti di sana padat,” ujarnya.

Kemudian, pihaknya juga mewajibkan bagi wisatawan minimal sudah divaksin dosis kedua.

“Ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, karena meskipun sudah landai kita harus tetap waspada,” ucapnya.

Lalu, pihaknya juga akan melakukan penyisiran ke tempat wisata untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan. Terutama, tempat wisata pantai terbuka.

“Kita akan sediakan masker, beberapa industri juga siap membantu penyediaan masker, kalau masih kurang nanti kita bisa pakai dana tak terduga,” ucapnya.

Di samping itu, Tatu meminta supaya ada rapat khusus antara Pemda, TNI-Polri, dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk persiapan pengamanan liburan. “Supaya ada persamaan persepsi,” katanya. ***

Prayan Purba

Komentar

Baca juga