Tuesday, 16 April 2024

Search

Tuesday, 16 April 2024

Search

Fantastis, Coretan Einstein Tentang  Teori Relativitas Terjual Rp176,4 M

Coretan tangan Einstein tentang Teori Relativitas Terjual dengan Harga Fantastis.

Manuskrip setebal 54 halaman yang ditulis Einstein yang  berisi perhitungan ketika dia merumuskan teori relativitas, terjual dengan harga €11 juta (Rp176,4 miliar) melalui sebuah lelang.

Mengutip BBC News Indonesia,  lelang dilakukan di Rumah Lelang Christie’s di Paris dan memecahkan rekor penjualan bagi dokumen ilmiah bertulisan tangan.

Manuskrip ini merupakan salah satu dari hanya dua dokumen yang menunjukkan cara kerja Einstein pada terobosan ilmiahnya.

Einstein membuat coretan perhitungan itu antara tahun 1913 dan 1914, bersama rekannya asal Swiss, Michele Besso, yang kemudian menyimpan dokumen tersebut.

Rumah lelang Christie’s memuji pemikiran Besso yang maju karena menyimpan manuskrip tersebut.

“Einstein adalah tipe orang yang menyimpan sangat sedikit catatan, jadi fakta bahwa manuskrip itu bisa tersimpan dan sampai kepada kita adalah hal yang luar biasa,” kata ahli di rumah lelang Christie’s, Vincent Belloy.

Manuskrip tersebut berisi perhitungan ketika Einstein merumuskan teori relativitas yang dia tuliskan menggunakan pulpen hitam.

Menurut Belloy, coretan tangan Einstein itu menunjukkan sejumlah kesalahan dalam perjalanannya merumuskan teori itu. Teori relavitias sendiri diterbitkan pada tahun 1915, yang kemudian mengubah pemahaman manusia mengenai ruang, waktu dan gravitasi.

Teori itu juga menjelaskan kelahiran alam semesta, orbit planet, serta lubang hitam.

Christie’s mengatakan pelelangan manuskrip itu “telah menarik kolektor dari seluruh dunia yang menyadari betapa pentingnya dokumen itu.”

Namun, identitas pembeli manuskrip setebal 54 halaman itu belum terungkap. Pada Mei lalu, sebuah surat yang ditulis oleh Einstein berisi teori persamaan yang paling terkenal E=mc², terjual lebih dari $1,2 juta (Rp17,1 miliar). ***

Osmar Siahaan

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media