International Media

Senin, 23 Mei 2022

Senin, 23 Mei 2022

Erick Thohir, Budi Karya, dan Muhadjir Pantau Arus Mudik-Balik dari Helikopter

Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Dokumentasi Menteri BUMN Erick Thohir).

JAKARTA – Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri BUMN Erick Thohir mengecek langsung arus mudik dan arus balik pada Rabu (4/5).

Hal itu disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (4/5).

 “Mengecek langsung arus mudik dan arus balik pada Rabu dengan menggunakan helikopter,” katanya.

Menurut Erick, sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo bahwa pemerintah akan selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat, termasuk perjalanan pada lebaran tahun ini.

“Untuk itu para menteri mengecek langsung kondisi di lapangan,” katanya menambahkan.

Ketiga pembantu Presiden Jokowi itu meninjau kondisi arus mudik dan arus balik di kawasan Lampung.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengingatkan masyarakat bahwa puncak arus balik Lebaran 2022 diperkirakan terjadi pada 6, 7 dan 8 Mei. Oleh karenanya, dia mengajak masyarakat menempuh perjalanan balik lebih awal.

“Setelah kita merayakan Idul Fitri di kampung halaman tentu kita akan kembali ke tempat masing-masing untuk bekerja maupun beraktivitas lainnya. Saya ingin mengingatkan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022,” ujar Jokowi dalam keterangan video yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (3/5).

“Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan saya mengimbau, saya mengajak Bapak, Ibu dan saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik,” katanya menambahkan.

Namun, langkah tersebut tentunya tetap disesuaikan dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja. Selain itu, Jokowi juga menegaskan pemerintah akan selalu berupaya melakukan yang terbaik untuk masyarakat dalam rangka mengatur untuk mengurai kemacetan arus mudik maupun arus balik. Menurutnya kebijakan ganjil-genap, one way atau satu arah dan larangan truk masuk jalan tolll tetap akan diberlakukan saat arus balik. “Kebijakan ganjil genap satu arah atau one way dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan agar masyarakat tetap nyaman,” katanya.***

Osmar Siahaan

Komentar