Friday, 24 May 2024

Search

Friday, 24 May 2024

Search

Empat Mahasiswa Unusa Wakili Indonesia dalam Ajang BUGS 2024 di Universiti Putra Malaysia

Mahasiswa Unusa jadi wakil Indonesia dalam BUGS 2024 di Universiti Putra Malaysia.

SURABAYA—Empat mahasiswa Unusa (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya) menjadi wakil Indonesia dalam acara Buddy’s Global Symposium 2024 (BUGS 2024). 

        Mereka adalah Krisna Fatahillah dari S1 Manajemen, Sukma Cahya Ramadhan dari S1 Keperawatan, Orchida Nada dari S1 Gizi, serta Nadhiroh dari S1 Pendidikan Bahasa Inggris. 

        Kegiatan tersebut diselenggarakan di Universiti Putra Malaysia, pada tanggal 7-11 Mei 2024. Dan diikuti total 39 mahasiswa dari berbagai negara. Di antaranya Indonesia, Tiongkok, Yaman, Arab Saudi, Syria, Senegal, Myanmar dan Pakistan.

        Menurut Krisna Fatahillah, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyatukan para relawan mahasiswa internasional dari berbagai belahan dunia. Selain untuk mengatasi berbagai masalah penting, juga untuk memperluas jaringan kerja sama di tingkat global. 

        “Salah satu fokus utamanya adalah masalah kesehatan mental yang sering dihadapi oleh mahasiswa. Seperti kesepian, kecemasan, dan stres, yang dapat berdampak pada kinerja akademik mahasiswa,” ungkapnya, Selasa (14/5). 

        Pemuda yang menjabat sebagai ketua BEM Unusa ini menambahkan, BUGS 2024 menampilkan sejumlah pembicara terkemuka setiap harinya. Termasuk Ketua Buddies dari Universiti Malaya dan Universiti Kebangsaan Malaysia. Serta para pakar, seperti Dr. Isma Rosila dan Prof. Dr. Wan Zuhainis Saad. 

“Acara ini mencapai puncaknya dengan adanya sidang Model Perserikatan Bangsa-Bangsa (MUN). Dimana para peserta dapat mempresentasikan masalah kesehatan mental yang dihadapi di negara masing-masing,” tambahnya.

        Krisna menegaskan, sebagai tindak lanjut setelah kegiatan ini, pihaknya akan berbagi pengalaman ini dengan mahasiswa Unusa lainnya. 

        “Selain itu, kami juga berencana untuk berkolaborasi dengan mahasiswa Universiti Putra Malaysia. Guna menciptakan program yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. Ini merupakan langkah awal yang baik, dalam memperluas kerjasama internasional. Serta memperkuat posisi Unusa di tingkat ASEAN,” pungkasnya. anto tze

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media