International Media

Jumat, 30 September 2022

Jumat, 30 September 2022

Elektabilitas Sandiaga Paling Tinggi untuk Jadi Calon Wakil Presiden 2024

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno.

JAKARTA –  Eletabilitas  Sandiaga Uno – kini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif – palig tinggi  sebagai  calon wakil presiden. Demikian menurut survei yang dilakukan Populi Center pada 21-29 Maret 2022.

Survei dilakukan dengan mengajukan  pertanyaan terbuka keoada responden; jika pemilihan presiden diadakan hari ini, siapakah tokoh yang akan Anda pilih sebagai wakil presiden?

Hasilnya, Sandiaga menempati urutan teratas dengan elektabilitas cawapres 16,6 persen, unggul atas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di urutan kedua (8,6 persen) dan Menteri BUMN Erick Thohir (5,8 persen).

“Sandiaga Salahudin Uno sosok yang sudah berkontestasi di 2019 dan citranya sebagai wapres sudah terbentuk,” kata Deputi Direktur Eksekutif Populi Center Rafif Pamenang Imawan dalam jumpa pers, Minggu (24/4).

Pada Pilpres 2019, Sandiaga menjadi calon wakil presiden Prabowo Subianto, namun harus mengakui keunggulan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dari hasil pemungutan suara. Namun demikian, Rafif menilai bahwa ada kemungkinan Sandiaga justru akan mengincar kursi presiden dalam Pilpres 2024.

Anies pun setali tiga uang. Sebab, dalam survei elektabilitas calon presiden, Sandiaga dan Anies yang pernah bertandem di tampuk kepemimpinan ibu kota itu masuk dalam 5 besar.

 “Kalau dilihat dari pencalonan wakil presiden, sosok yang perlu dicermati adalah Erick Thohir dan Ridwan Kamil,” kata Rafif. Dalam survei tersebut, Ridwan Kamil ada di posisi keempat sosok dengan elektabilitas tertinggi sebagai calon wakil presiden (5 persen). Survei teranyar Populi Center ini dilakukan dengan besaran sampel 1.200 responden. Margin of error pada survei ini disebar +/- 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.***

Osmar Siahaan

Komentar

Baca juga