El Clasico Kali Ini Milik Siapa?

Laga Real Madrid kontra Barcelona kembali bakal seru. (foto ist)

MADRID –  Liga Spanyol bakal menyajikan laga seru bertajukEl Clasico, mempertemukan Real Madrid kontraBarcelona yang berlangsung  di Alfredo Di Stefano, Minggu (11/4) dinihari WIB.  Ini merupakan pertemuan kedua antara Real Madrid dan Barcelona di pentas Liga Spanyol musim 2020-2021.

            Secara statistik, Real Madrid masih unggul atas Barcelona dalam hal jumlah kemenangan di liga domestik. Los Blancos membukukan 74 kali hasil maksimal. Sedangkan Barca baru 72 kali mencatatkan angka sempurna dengan 35 pertandingan lainnya berakhir imbang.

Di atas kertas, Madrid yang tampil di kandang sendiri berpeluang melanjutkan dominasi atas sang lawan. Namun demikian, selisih kemenangan yang hanya dua angka itu diprediksi membuat Blaugrana semakin termotivasi untuk memangkasnya.

Bermain di markas klub sekota Atletico Madrid ini adalah asa bagi tim tamu untuk mengurangi selisih angka kemenangan yang ada. Maka, duel ke-182 di  kandang Madrid ini turut menjadi penentu untuk menjadi yang terbaik di antara kedua tim. Pilihannya ialah Madrid memperpanjang rekor kemenangan atau Barca yang semakin mendekati catatan kemenangan milik tuan rumah.

Di atas lapangan, adu tajam antara Karim Benzema dengan Lionel Messi diprediksi bakal tersaji. Pasalnya, mereka merupakan pencetak gol terbanyak masing-masing kubu di liga domestik.

Untuk saat ini, Messi sekaligus berstatus sebagai pemuncak top skor LaLiga 2020/2021. La Pulga sudah mengumpulkan 23 gol dari 27 laga. Messi unggul 5 angka atas Benzema.  Nama keduanya membukukan 18 gol dari 25 penampilan. Artinya, duel El Clasico juga berpotensi menjadi ajang adu ketajaman diantara kedua bomber.

Pelatih Madrid, Zinedine Zidane mengingatkan seluruh pemainnya, untuk tampil fokus di laga nanti. “Kita semua tahu Barcelona selalu tampil garang. Mereka kini berjuang untuk merebut trofi LaLiga, sehingga mereka mengerahkan segala kemampuan. Maka saya meminta kepada seluruh pemain untuk fokus sepanjang laga,” kata Zidane seperti dikutip Marca.

Ia menyebutkan, kemenangan atas Liverpool pada leg pertama perempatfinal Liga Champions memberikan motivasi kepada segenap pemain untuk tampil dengan performa terbaik.

“Kemenangan atas Liverpool tentu membuat kami selalu termotivasi. Kami juga ingin  berbicara di LaLiga musim ini. Jadi kami belum menyerah untuk mengejar trofi di liga domestik,” tandas Zidane.

Sementara, Benzema menyebut laga nanti bakal berjalan sulit. “Laga  nanti bisa menjadi pertandingan yang sulit. Barcelona senang menguasai bola, tetapi kami juga begitu. Duel akan ditentukan di sepertiga tengah lapangan. Sama seperti penampilan sebelumnya, kami ingin meraih kemenangan karena ini sudah seperti bentrok final bagi kami,” ujar Benzema, dikutip laman resmi klub.

Selain Messi dan Benzema, kontribusi rekan di lini depan bisa memberikan peran yang cukup besar dalam duel tersebut. Dari kubu Madrid, ada Vinícius Júnior dan Marco Asensio yang siap menjadi pendamping utama Benzema. Mereka adalah pencetak gol kemenangan pasukan Zinedine Zidane dengan skor 3-1 atas Liverpool di perempat final leg pertama Liga Champions 2020/2021, Rabu (7/4) lalu.

Sedangkan tim tamu diprediksi akan mengusung Antoine Griezmann dan Ousmane Dembélé untuk menemani Messi. Di ajang Liga Champions musim ini, armada Ronald Koeman memang telah tersingkir lebih dini hingga mempunyai waktu istirahat yang cukup demi menyongsong laga El Clasico.

Tampil lebih fresh, kebugaran yang dimiliki para penggawa asal Catalunya itu merupakan nilai lebih saat mereka terlibat bentrok meladeni tim ibukota di kandang lawan. “Ini laga penting. Apalagi jika melihat situasi saat ini. Hasil positif akan sangat berarti demi perburuan gelar juara (LaLiga),” ungkap Koeman, dikutip Marca.

Upaya Barcelona memburu gelar juara LaLiga memang akan diuji kali ini. Meski demikian, Frenkie De Jong menilai El Clasico tak akan menentukan kans juara timnya. “Selalu ada tekanan besar di El Clasico, kali ini juga tidak akan berbeda. Tapi tentu saja kami ingin menang,” ujar Frenkie De Jong dikutip Marca. ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp